Konsep Algoritma Forward Chaining dan Faktor Kepastian untuk Mendiagnosa serta Pencarian Solusi Masalah Kulit Wajah

Ery Mintorini, Moch. Sjamsul Hidajat

Abstract


Saat ini banyak orang terutama para wanita yang mendambakan kulit yang sehat dan juga wajah yang bersih serta terawat. Banyak cara yang dilakukan agar kulit mereka bersih seperti yang didambakan. Namun, tidak jarang juga diantara mereka yang tidak memiliki cara tepat untuk mengatasinya. Hal ini disebabkan adanya keterbatasan pengetahuan tentang perawatan kulit wajah dan biaya konsultasi ke pakar. Konsultasi tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit, sehingga tidak semua dapat melakukan upaya ini. Untuk mengatasi kendala keterbatasan dana untuk melakukan konsultasi ini adalah dengan membuat suatu sistem yang mampu beraktifitas selayaknya seorang ahli yang dikenal sebagai sistem pakar. Sistem pakar dapat didefiisikan sebagai suatu sistem yang mengadopsi kemampuan seorang pakar dengan memasukkan semua kemampuann pakar kedalam sistem. Ada banyak metode yang dapat diterapkan dalam sistem pakar diantaranya adalah forward chaining dan faktor kepastian. Penelitian kali ini bertujujan untuk membuat sistem pakar yang dapat diterapkan untuk diagnosa masalah- kulit wajah serta pencarian solusi penyelesaian menggunakan metode runut maju dan faktor kepastian. Hasil pengujian yang dilakukan dalam sistem ini membuktikan keakuratan sistem pakar dalam mendeteksi masalah yang dihadapi dan mampu memberikan solusi atas masalah tersebut dengan baik.


Keywords


Kulit Wajah, Sistem Pakar, Rantai Maju, Faktor Kepastian

Full Text:

PDF

References


N.R. Sari, E. Setyowati, “Pengaruh Masker Jagung Dan Minyak Zaitun Terhadap Perawatan Kulit Wajah,” Journal of Beauty and Beauty Health Education, vol. 3, no. 1, pp. 1-7, 2014.

R. Pebrianto, S.N. Nugraha dan W. Gata, “Perancangan Sistem Pakar Penentuan Jenis Kulit Wajah Menggunakan Metode Certainty Factor”, IJCIT(Indonesian Journal on Computer and Information Technology), vol. 5, no. 1, pp. 83-93, 2020.

N. N. Wardah, A. Sugiarto dan A.H. Wibowo, “Sistem Pakar Identifikasi Kerusakan Kulit Wajah untuk Proses Aesthetic and Anti Aging”, Prosiding Seminar Nasional Sisfotek (Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi), vol . 3, no. 1, pp. 37–43, 2019.

M. Silmi, E.A. Sarwoko dan Kushartantya, “Sistem Pakar Berbasis Web Dan Mobile Web Untuk Mendiagnosis Penyakit Darah Pada Manusia Dengan Menggunakan Metode Inferensi Forward Chaining” , Jurnal Masyarakat Informatika, vol. 4, no. 7, pp. 31-38, 2013.

Darsi, D.A. Kurniawan dan M.F. Sesunan, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Gigi Dan Mulut Menggunakan Metode Forward Chaining (Studi Di Rsud Menggala)”, Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi, vol. 4, no. 2, 2022.

I.P.W. Ariawan, D.B. Sanjaya, dan D.G.H. Divayana, “An Evaluation of the Implementation of Practice Teaching Program for Prospective Teachers at Ganesha University of Education Based on CIPP-Forward Chaining,” in International Journal of Advanced Research in Artificial Intelligence, Vol. 5, No.2, pp. 1-5, 2016.

Kustanto, L. Perdana dan D. Nugroho, “Sistem Pakar Untuk Diagnosis Penyakit Ginjal Dengan Metode Forward Chaining”, Jurnal TIKomSiN, vol. 1, no. 2, pp. 1-6, 2013.

T. Sutojo, dkk. Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: Andi 2011.

J. Parhusip, V. H. Pranatawijaya, dan D. Putrisetiani, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Jantung Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web," in Seminar Nasional Informatika (SemnasIF), Yogyakarta, 2012.

J. Arifin,. “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi dan Mulut Manusia Menggunakan Knowledge Base System dan Certainty Factor”, Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, vol. 10, no. 2, pp. 50–64, 2016.

H.T. Sihotang, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kolesterol Pada Remaja Dengan Metode Certainty Factor (Cf) Berbasis Web”, Jurnal Mantik Penusa, vol. 15, no. 1, 2014.

D. Maulina, Kusrini dan R. Arief, “Pemodelan Sistem Pakar Analisis Karakteristik Anak Prasekolah Dengan Genre Musik”, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2013, STMIK AMIKOM Yogyakarta, 2013.

L. Septiana, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ispadengan Metode Certainty Factorberbasis Android”, Jurnal TECHNO Nusa Mandiri, vol. XIII, no. 2, pp. 89-95, 2016.

A. Fauzi, “Penerapan Forward Chaining Dalam Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Penyakit Pada Anak”, Techno Xplore, vol. 1, no. 1, pp. 11-16, 2016.

R. Afwan, I.F. Astuti dan D. Cahyadi, “Implementasi Metode Certainty Factor Untuk Diagnosis Kerusakan Software Pada Smartphone Berbasis Web”, Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, vol. 17, no. 2, pp. 88-95, 2022.

R.Y. Endra, A. Antika, “Sistem Pakar menggunakan Metode Forward Chaining untuk Diagnosa Penyakit Tanaman Padi berbasis Android”, Jurnal Informatika Universitas Pamulang, Vol. 6, No. Pp. 811-817, 2021.

J. Parhusip, V. H. Pranatawijaya, dan D. Putrisetiani, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Jantung Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web," in Seminar Nasional Informatika (SemnasIF), Yogyakarta, 2012.

J. Arifin,. “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi dan Mulut Manusia Menggunakan Knowledge Base System dan Certainty Factor”, Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, vol. 10, no. 2, pp. 50–64, 2016.

N. Firmansyah, A. Johar dan T. Prasetyo, “Sistem Pakar Identifikasi Pengecekan Kualitas Kopi Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor,” Jurnal Rekursif, vol. 5, no. 3, pp. 298-306, 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v14i2.3436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub