Implementasi Augmented Reality untuk Media Pembelajaran Tata Surya pada Anak Usia Dini
Abstract
Tata Surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang, yakni matahari, serta semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. Objek tersebut bukan hanya berupa delapan planet, tetapi juga berupa lima planet kerdil, 173 satelit alami yang telah diidentifikasi, serta jutaan benda langit lainnya berupa meteor, asteroid, komet, dan lainnya. Media pembelajaran yang mengangkat tema pengenalan tata surya bagi anak-anak seperti buku yang berisi gambar-gambar planet dan bintang 2 dimensi belum begitu mampu menarik minat anak-anak untuk mau mengenali objek-objek yang ada di tata surya. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis membangun sebuah aplikasi augmented reality pengenalan tata surya yang menampilkan objek tata surya 3D dan memiliki fitur quiz mengenai tata surya sebagai sarana pembelajaran interaktif dan menarik bagi anak-anak yang dikemas dalam sebuah aplikasi berbasis android. Pada penelitian ini digunakan Game Engine Unity 3D untuk membangun aplikasi berbasis android serta Vuforia SDK agar aplikasi yang dibangun dapat menjadi aplikasi berteknologi Augmented Reality. Media pengenalan tata surya dengan teknologi Augmented Reality ini dapat dijalankan pada platform android minimal versi 8.1, dengan adanya aplikasi ini dapat mempermudah proses pembelajaran dan menambah minat belajar anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, I.N.Q., Triayudi, A., dan Sholihati, I.D. (2020), Aplikasi Pembelajaran Interaktif Augmented Reality Tata Surya Sekolah Dasar Menggunakan Metode Marker Based Tracking, Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(1), 178-184.
Apriansyah, A., Anugraha, D.M., Prakoso, G., Erdiham, K.N., dan Priyana, R. (2017), Aplikasi Pengenalan Hewan dengan Teknologi Marker Less Augmented Reality Berbasis Android, Journal of Computer and Information Technology, 1(1), 1-5.
Atmaja, N.J.D. (2018), Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif 3D Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality Dengan Android, Tugas Akhir, S.Kom., Teknik Informatika, Universitas Majalengka, Majalengka.
Fauji M., dan Adler, J. (2016), Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Buku Pembelajaran Pengenalan Hewan Pada Anak Usia Dini Berbasis Android, Tugas Akhir, S.Kom., Sistem Komputer, Universitas Komputer Indonesia, Bandung.
Prasetio, A., Nurhadi dan Mulyadi (2019), Perancangan Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Tata Surya Berbasis Android Pada SD Negeri 139/IV Kota Jambi, Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Sistem Komputer, 14(2), 94-104.
Prasetyaningsih, S., Huda, M., dan Apriyani, M.E. (2016), Analisis Penggunaan Marker Tracking Pada Augmented Reality Huruf Hijaiyah, Jurnal Infotel, 8(1), 71-77.
Randi, A. (2017), Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Untuk Sistem Tata Surya Berbasis Android, Skripsi, S.Kom., Teknik Informatika, UIN Alauddin Makassar, Makassar.
Rentor, M.F. (2013), Rancang Bangun Perangkat Lunak Pengenalan Motif Batik Berbasis Augmented Reality, Tesis, M.Kom., Teknik Informatika, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta.
Rosa, A.C., Sunardi, H., dan Setiawan, H. (2019), Rekayasa Augmented Reality Planet dalam Tata Surya sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa SMP Negeri 57 Palembang, Jurnal Ilmiah Informatika Global, 10(1), 1-7.
Rosa, A.S. dan Shalahuddin, M., (2016), Rekayasa Perangkat Lunak: Terstruktur dan Berorientasi Objek, Bandung : Informatika Bandung.
Silvia, A.F., Haritman, E., dan Muladi, Y. (2014), Rancang Bangun Akses Kontrol Pintu Gerbang Berbasis Arduino Dan Android, Jurnal Electrans, 13(1), 1-10.
Sugianto, C.A. (2018), Aplikasi Edukasi Tata Surya Menggunakan Augmented Reality Berbasis Mobile, Tugas Akhir, S.Kom., Teknik Informatika, Politeknik TEDC Bandung, Cimahi.
Jarudin, dkk. 2022. “Pengenalan Planet-Planet Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android”. AJCSR e-ISSN: 2721 – 3161 Vol. 4 No. 1, Januari 2022, PP. 43-47.
M. Muhammad, “Teknologi Informasi Sebagai Media Inovasi Pendidikan,” Inov. Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 1–6, 2021.
Dede Irmayanti, Lise Sri Andar Muni, Mia Pratiwi, "Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality" J. Nuansa Inform., Vol 16, No.2, p.123-134, 2022.
M. Masri and E. Lasmi, “Perancangan Media Pembelajaran Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality Dengan Metode Markerless,” J. Electr. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 40–47, 2019.
DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v14i2.3341
Refbacks
- There are currently no refbacks.
About the Journal | Journal Policies | Author | Information |
Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia