Permainan Edukatif Untuk Anak Usia Dini Berbasis Multimedia Interaktif

Dara berlian sukma, Ganda Yoga Swara, Eko Kurniawanto Putra, Minarni M, Harison H

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah permainan edukatif yang inovatif berjudul "Petualangan Si Ayam" menggunakan teknologi berbasis Android di lingkungan PAUD Dahlia. Penelitian ini muncul sebagai respons terhadap metode pembelajaran yang terlalu terfokus pada peran guru, yang cenderung membuat pembelajaran menjadi monoton dan menyebabkan anak-anak kehilangan minat serta konsentrasi dengan cepat. Untuk mengatasi tantangan ini, penelitian ini merancang permainan edukatif yang menggabungkan multimedia interaktif, menyediakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan berdaya tarik bagi anak-anak. Penggunaan teknologi berbasis android memungkinkan fleksibilitas dalam pembelajaran di mana dan kapan saja. Dalam proses pengembangannya, digunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) sebagai landasan untuk memastikan kualitas dan efektivitas permainan. Dalam upaya mengukur kualitas materi dan multimedia yang telah dibangun, hasil evaluasi diperoleh melalui penggunaan kuisioner yang dibagikan kepada ahli materi dan ahli media. Kemudian hasil tersebut diolah dengan metode SUS (System Usability Scale) untuk mengukur kegunaan dari sistem, dari hasil pengukuran tersebut menunjukkan bahwa permainan edukatif "Petualangan Si Ayam" mendapatkan nilai SUS sebesar 72, yang masuk dalam kategori "B" dengan adjective rating "good" yang menandakan bahwa permainan edukatif ini dapat diterima atau acceptable. Hasil dari pengembangan permainan edukatif ini sukses dalam memberikan pengalaman positif dan memuaskan dalam proses pembelajaran bagi pengguna, khususnya bagi anak-anak di PAUD Dahlia. Dengan demikian, permainan ini diharapkan dapat menjadi salah satu alat pendidikan yang berharga untuk meningkatkan minat dan kualitas pembelajaran di PAUD Dahlia. 

Keywords


Android; MDLC; Media Pembelajaran; Multimedia Interaktif; Permainan Edukatif; SUS;

Full Text:

PDF

References


Q. Y. H. Sukatin, A. A. Alivia, and R. Bella, “Analisis psikologi perkembangan sosial emosional anak usia dini,” Bunayya J. Pendidik. Anak, vol. 6, no. 2, pp. 156–171, 2020.

M. Mulyati, “Menciptakan pembelajaran menyenangkan dalam menumbuhkan peminatan anak usia dini terhadap pelajaran,” Alim, vol. 1, no. 2, pp. 277–294, 2019.

A. Shunhaji and N. Fadiyah, “Efektivitas alat peraga edukatif (APE) balok dalam mengembangkan kognitif anak usia dini,” Alim, vol. 2, no. 1, pp. 1–30, 2020.

N. Darubekti, S. H. Hanum, P. E. Suryaningsih, and D. Waryenti, “Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Literasi, Membentuk Karakter, dan Membangun Cita-Cita pada Anak-Anak di Pulau Terluar-Enggano,” in SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2021, vol. 3, pp. 97–102.

A. Pratiwi, F. Hikmah, A. A. Adiansha, and S. Suciyati, “Analisis Penerapan Metode Games Education dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar,” JagoMIPA J. Pendidik. Mat. dan IPA, vol. 1, no. 1, pp. 36–43, 2021.

A. Latip, “Peran literasi teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19,” EduTeach J. Edukasi dan Teknol. Pembelajaran, vol. 1, no. 2, pp. 108–116, 2020.

A. Putranto, “Perancangan forum diskusi mobile online learning,” ComTech Comput. Math. Eng. Appl., vol. 3, no. 2, pp. 860–871, 2012.

J. Sistem, A. C. Talakua, and A. A. Pekuwali, “Aplikasi Game Edukasi pengenalan Nama Hewan dan Habitat dalam 3 Bahasa bagi Anak Usia Dini,” vol. 14, no. 1, pp. 24–31, 2023.

T. Ariyanti, “Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development,” Din. J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 8, no. 1, 2016.

F. N. Maulidiyah, “Media pembelajaran multimedia interaktif untuk anak tunagrahita ringan,” J. Pendidik., vol. 29, no. 2, pp. 93–100, 2020.

Y. Okpizal, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Flash Pada Materi Sepak Bola Kelas Viiia Smp Negeri 22 Tanjung Jabung Timur,” J. Manaj. Pendidik. DAN ILMU Sos., vol. 3, no. 2, pp. 953–960, 2022.

A. Gunawan, M. R. A. Jamain, R. A. Uda, S. Stenlly, and K. U. P. R. T. N. Jalan, “Artikel Media Pembelajaran Sejarah Presiden Indonesia Dengan Metode Mdlc Pada Adobe Animate”.

N. NETRIANA, “Pengembangan Media Pembelajaran Magic Disc Menggunakan Adobe Animate Cc 21 Tentang Hukum Bacaan Mad ‘Iwad, Mad Layyin, Dan Mad ‘Aridh Lissukun Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Di Madrasah Tsanawiyah,” 2021.

D. R. Nurdin, S. Kom, and M. Kom, “Cd Interaktif Pengenalan Sejarah Kebudayaan Islam Pada Madrasah Ibtidaiyah,” J. Teknol. Terap. Sains 4.0, vol. 1, no. 2, 2020.

I. M. Mahardani, A. A. Hunaifi, and E. S. Mujiwati, “Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Macam-Macam Gaya Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Mrican,” in Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains dan Pembelajaran, 2022, vol. 2, no. 1, pp. 89–95.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v14i2.3283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub