Evaluasi Kualitas Learning Management System berdasarkan ISO 25010 pada SMK Muhammadiyah 1 Palembang

Amrullah Maulana Fiqri, Arif Alfarisy, Tata Sutabri

Abstract


Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS) telah menjadi salah satu alat yang penting dalam pendidikan modern. Evaluasi Kualitas LMS menjadi aspek kritis untuk memastikan efektivitas dan efisiensi dalam mendukung proses pembelajaran. Dalam penelitian ini, kami menjelaskan evaluasi LMS menggunakan standar ISO 25010. ISO 25010 adalah standar internasional yang menggambarkan model kualitas perangkat lunak dan sistem. Standar ini menyediakan kerangka kerja untuk mengidentifikasi dan mengukur kualitas perangkat lunak berdasarkan serangkaian atribut. Dalam konteks evaluasi LMS, ISO 25010 dapat digunakan sebagai pedoman untuk mengevaluasi kualitas sistem. Dalam penelitian ini, tujuan utama adalah melakukan evaluasi kualitas Learning Management System (LMS) menggunakan standar ISO 25010. Peneliti mengevaluasi LMS yang digunakan oleh SMK Muhammadiyah 1 Palembang untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan sistem, serta memberikan rekomendasi perbaikan. Manfaatnya adalah memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kualitas LMS yang digunakan, panduan praktis untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, dan pembandingan objektif terhadap standar ISO 25010. Hasil penelitian menunjukkan kekuatan dalam fungsionalitas, antarmuka pengguna, dan kehandalan LMS, namun ada kelemahan dalam efisiensi kinerja dan kualitas penggunaan. Rekomendasi perbaikan difokuskan pada peningkatan efisiensi dan pengalaman pengguna. Penelitian ini berkontribusi dalam evaluasi kualitas LMS dan memberikan wawasan berharga bagi institusi Pendidikan terutama di SMK Muhammadiyah 1 Palembang.

Keywords


Learning Management System; ISO 25010; Evaluasi Kualitas

Full Text:

PDF

References


M. T. Student et al., “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” Front. Neurosci., vol. 14, no. 1, pp. 1–13, 2021.

F. Amalia, A. D. Herlambang, T. Afirianto, and A. R. Tanaamah, “Penjaminan Kualitas Perangkat Lunak LearningManagement System Open Sourcedi Politeknik Kota Malang,” J. Smatika, vol. 6, no. 2, 2016.

I. S. O. Iec and A. Kualitas, “Iso/iec 25010 :,” vol. 05, pp. 8–20, 2023.

M. D. Mulyawan, I. N. S. Kumara, I. Bagus, A. Swamardika, and K. O. Saputra, “Kualitas Sistem Informasi Berdasarkan ISO / IEC 25010 :,” vol. 20, no. 1, 2021.

D. Murdiani and R. Umar, “Evaluasi Kualitas Sistem Jurnal Elektronik Berbasis Open Journal System (Ojs) Menggunakan Iso/Iec 25010,” Baca J. Dokumentasi Dan Inf., vol. 41, no. 1, p. 75, 2020, doi: 10.14203/j.baca.v41i1.588.

Y. Khadaffi and W. Kurnia, “Aplikasi Smart School Untuk Kebutuhan Guru Di Era New Normal (Studi Kasus : Sma Negeri 1 Krui),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, p. 15, 2021.

L. Ming-Chang, “PrintOut-3,” Br. J. Appl. Sci. Technol., vol. 4, no. 21, p. 3069, 2014.

H. S. Suparto and R. H. Dai, “Evaluasi Kualitas Sistem Informasi Pengukuran Prestasi Kerja Berdasarkan ISO/IEC 25010,” Jambura J. Informatics, vol. 3, no. 2, pp. 109–120, 2021, doi: 10.37905/jji.v3i2.11744.

H. M. Simalango and J. Adrian, “Evaluasi Kualitas Sistem Informasi Akademik Berdasarkan Iso/Iec 25010: 2011 Pada Simak Universitas Universal,” Biner J. Ilm. Inform. dan …, vol. 1, no. 2, pp. 91–98, 2022, [Online]. Available: https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/biner/article/view/3110%0Ahttps://ojs.unsiq.ac.id/index.php/biner/article/download/3110/1853

I. Saptarini, S. Rochimah, and U. L. Yuhana, “Security Quality Measurement Framework for Academic Information System (AIS) Based on ISO/IEC 25010 Quality Model,” IPTEK J. Proc. Ser., vol. 0, no. 2, p. 128, 2017, doi: 10.12962/j23546026.y2017i2.2310.

A. S. Puspaningrum, S. Rochimah, and R. J. Akbar, “Functional Suitability Measurement using Goal-Oriented Approach based on ISO/IEC 25010 for Academics Information System,” J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell., vol. 3, no. 2, p. 68, 2017, doi: 10.20473/jisebi.3.2.68-74.

V. H. Pranatawijaya, W. Widiatry, R. Priskila, and P. B. A. A. Putra, “Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online,” J. Sains dan Inform., vol. 5, no. 2, pp. 128–137, 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i2.185.

D. N. Baety and D. R. Munandar, “Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 3, pp. 880–989, 2021, [Online]. Available: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/476

Amirotun Sholikhah, “admin,+Journal+manager,+komunika+2+2016_10,” Komun. Islam, vol. 10, no. No. 2 (2016), pp. 1–21, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v14i1.3116

Article Metrics

Abstract view : 6 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub