Keefektifan E-Learning sebagai Sistem Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Penggunaan E-Learning dengan Aplikasi Edlink Sevima di STIK Bina Husada)

Evariani E, Muhammad Irdian Saputra, Tata Sutabri

Abstract


Edlink merupakan produk e-learning yang mendukung pembelajaran online di STIK Bina Husada  Edlink tersedia dalam platform android, IOS, dan web browser. Pada tahun 2020 pengguna edlink tercata 100 perguruan tinggi dan terjadi peningkatan sampai  dengan 270 perguruan tinggi diseluruh Indonesia pada tahun 2021. Dengan adanya kebijakan pembelajaran daring akibat dampak COVID 19 dan kebutuhan pasar yang meningkat maka peneliti tertarik untuk melakukan melakukan analisis evaluasi penggunaan aplikasi Edlink Sevima. Penelitian ini menggunakan metode  semi deskriptif  kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya pemanfaatan E-learning dengan menggunakan aplikasi Edlink Sevima sebagai media pembelajaran online. Prosedur dalam penelitian yang pertama ada tahap observasi, yaitu melaksanakan observasi di STIK Bina Husada tempat penelitian serta wawancara dengan dosen dan mahasiswa terkait bagaimana proses pembelajaran. Kedua tahap persiapan, yaitu menentukan kelas sampel, menyiapkan instrumen, perangkat pembelajaran serta materi pembelajaran. Ketiga tahap pelaksanaan, yaitu memperkenalkan e-learning sevima edlink, mengajak mahasiswa untuk bergabung pada e-learning, pengaplikasian e-learning memberikan kuesioner serta melakukan wawancara. Keempat tahap penutup, yaitu mengumpulkan semua data, menganalisis data dan membuat kesimpulan. Teknik pengambilan sampel purposive sampling yang dilakukan pada 5 Program Studi STIK Bina Husada. Teknik Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Adapula tahapan yang dilakukan  yaitu  tahapan  orientasi,  tahapan  eksplorasi  dan  tahapan  seleksi.  Sedangkan untuk  analisis  yaitu  Reduksi  Data,  Penyajian  Data,  dan Verifikasi atau  Penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa Mahasiswa/I 5 Program Studi STIK Bina Husada memiliki persepsi yang baik dalam penggunaan e-learning Edlink sevima, sebanyak 88% berada pada kategori baik. Implikasi dari penelitian ini yaitu penggunaan e-learning edlink sevima dapat memberi manfaat serta tambahan e-learning pembelajaran bagi dosen dan mahasiswa/I, menambah wawasan baru terkait e-learning bagi mahasiswa, penggunaan e-learning edlink sevima dapat membantu persepsi baik bagi mahasiswa, serta masukan bagi para peneliti lain untuk menggunakan edlink sevima sebagai media pembelajaran online. Hasil dari penelitian ini dapat meningkatkan implikasi terhadap terhadap teknologi informatika karena dengan adanya aplikasi ini dapat mempermudah proses pembelajaran.


Keywords


Edlink Sevima;E-learning

Full Text:

PDF

References


R. M. Andri and M. P. SP, “Peran dan Fungsi Teknologi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran,” J. Ilm. Res. Sains, vol. 3, no. 1, 2017.

A. J. Henderson, The E- learning Question and Answer Book. USA, 2003.

R. Asih, Alifiani, and N. Isbadar, “Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Model Pembelajaran E-Learning Berbantuan Aplikasi Sevima Edlink,” Jp3, vol. 15, no. 33, pp. 46–57, 2020.

Yayan Sunarya, Kimia Dasar 1. Bandung, 2010.

A. Wibowo and I. Rahmayanti, “Penggunan Sevima Edlink Sebagai Media Pembelajaran Online untuk Mengajar dan Belajar Bahasa Indonesia,” Imajeri J. Pendidik. Bhs. Dan Sastra Indones., vol. 2, no. 2, pp. 163–174, 2020.

I. M. Mudiartana, I. G. Margunayasa, and D. G. H. Divayana, “How is The Development of Valid and Practical Android-Based Local Wisdom Teaching Materials?,” J. Ilm. Sekol. Dasar, vol. 5, no. 3, pp. 403–414, 2021.

W. S. L. Nasution, “Aplikasi Penunjang Pembelajaran Berbasis TIK dengan Memanfaatkan SEVIMA Edlink di SMPIT Insan Rabbani,” J. Abdidas, vol. 2, no. 1, pp. 53–58, 2021.

D. Darwanto, “Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Platform Edlink,” Eksponen, vol. 11, no. 1, pp. 1–10, 2021.

R. Irawati and R. Santaria, “Persepsi Siswa SMAN 1 Palopo Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia,” J. Stud. Guru Dan Pembelajaran, vol. 3, no. 2, pp. 264–270, 2020.

G. O. Anggraini, W. Warsono, and R. N. Setyowati, “Persespsi Siswa pada Pembelajaran Daring Berbasis Edmodo terhadap Motivasi Belajar Kelas VI,” J. Basicedu, vol. 6, no. 5, pp. 8766–8774, 2022.

Kurniawan, A. (2017). Penelitian dan pengembangan teknologi pembelajaran. Bandung: Refika Aditam.

Adzharuddin, N. (2013). Learning Management System (LMS) among University Students: Does It Work? International Journal of EEducation, e-Business, eManagement and e-Learning, 3(3), 248–252. https://doi.org/10.7763/IJEEEE.201 3.V3.233

Ellis, R. K. (2009). A Field Guide to Learning management systems. Retrieved from http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubme d/20616636

Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Journal of Information System, Informatics and Computing, 4(2), 1. https://doi.org/10.52362/jisicom.v4i 2.312

S. Chalim and E. O. M. Anwas, “Peran Orangtua dan Guru dalam Membangun Internet sebagai Sumber Pembelajaran,” J. Penyul., vol. 14, no. 1, pp. 33–42, 2018.

M. V. Mahajan and R. Kalpana, “A study of students’ perception about e-learning,” Indian J. Clin. Anat. Physiol., vol. 5, no. 4, pp. 501–507, 2018.

N. Sari, A. Imtihana, and R. T. Astuti, “Perspektif Siswa dari Penerapan Media E-learning Terhadap Mata Pelajaran Kimia,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 2022, vol. 1, no. 1, pp. 87–95.

A. Wibowo and I. Rahmayanti, “Penggunan Sevima Edlink Sebagai Media Pembelajaran Online untuk Mengajar dan Belajar Bahasa Indonesia,” Imajeri J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 2, no. 2, pp. 163–174, 2020, doi: 10.22236/imajeri.v2i2.5094.

D. N. Carolin and M. W. . Luta, “Pemanfaatan Kelas Virtual Sevima Edlink Untuk Memotivasi Mahasiswa Pendidikan Matematika Semester 1 Matakuliah Aljabar & Trigonometri,” Pros. Semin. Nas. Etnomatnesia, pp. 393–399, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2353.

K. Khotimah and M. I. Nafi’ah, “Penerapan Kelas Virtual Sevima Edlink dengan Pendekatan Realistik untuk Memecahkan Masalah Matematika Kelas XI MAN 3 Jombang,” EDUSCOPE J. Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknol., vol. 7, no. 2, pp. 55–62, 2022.

Adnan, M. & K. A. (2020). Online learning amid the COVID-19 pandemic: Students perspectives. Online Submission, 2(1), 45–51. https://doi.org/10.33902/JPSP.20202 61309

Meilindha, S. S. (2017). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Sevima Edlink Dalam Proses Pembelajaran Pada Mahasiswa Prodi Pai Ftik Iain Langsa. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 528–537.

Novandini, C. D., & Luta, M. W. D. (2018). Pemanfaatan Kelas Virtual SEVIMA EdLink Untuk Memotivasi Mahasiswa Pendidikan Matematika Semester 1 Matakuliah Aljabar & Trigonometri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Ouadoud, M., Nejjari, A., Chkouri, M. Y., & El-Kadiri, K. E. (2018). Learning Management System and the Underlying Learning Theories. In Proceedings of the Mediterranean Symposium on Smart City Applications (pp. 732–744). https://doi.org/10.1007/978-3-319- 74500-8_67.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v14i1.3093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub