Aplikasi Game Edukasi pengenalan Nama Hewan dan Habitat dalam 3 Bahasa bagi Anak Usia Dini

Alfrian Talakua, Arini Aha Pekuwali

Abstract


Salah satu pemanfaatan ponsel pintar (smartphone) yaitu digunakan untuk membantu proses belajar anak dengan berbagai aplikasi yang mudah diinstal. Pembelajaran yang sering dilakukan terhadap anak usia dini yaitu pengenalan terhadap hewan dan habitatnya, pembelajaran ini dapat membantu anak usia dini untuk lebih mengenal berbagai macam hewan dan habitatnya. Pemahaman terkait nama hewan perlu dilakukan terkhusunya di Pulau Sumba yang merukapan suatu daerah yang ada di Nusa tenggara timur,  di Pulau Sumba sendiri terkenal dengan nilai adat dan budaya yang khas. Pada adat dan budaya yang ada disumba sering kali menggunakan hewan sebagai bagian utama dalam menyelenggarakan kegiatan adat, sehingga pemahaman tekait dengan jenis hewan perlu dipahami sejak dini salah satu yang perlu dipelajari ialah menggunakan Bahasa daerah. Hal ini diajarkan pada anak yang tertuang pada pelajaran muatan lokal. Namun terdapat beberapa masalah dalam penyampaian materi pelajaran pada anak-anak usia dini menggunakan metode konvensional salah  faktor ialah seperti mudah bosan dalam belajar, serta sulit dalam memahami  dan mengingat materi pembelajaran yang diberikan. Berdasarkan permasalahan itu maka dibangun apliaksi game edukasi dalam 3 bahasa yaitu Bahasa sumba, Bahasa inggris dan Bahasa Indonesia agar dapat menjadi media pembelajaran baru, dalam penelitian ini game dibangun menggunakan Metode MDLC (Multimedia Life Cycel. Hasil penelitian ini game yang dibangun bejalan dengan lancar setelah melalui pengujian fungsional dan mengalami peninkatan pemahaman terhadap anak sebesar 10 % melalui hasi Pre test dan Post test yang diberikan.

Keywords


Game Edukasi; MDLC; Multimedia; PreTest-PostTest

Full Text:

PDF

References


R. A. Rahman And D. Tresnawati, “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia,” 2016. [Online]. Available: Http://Jurnal.Sttgarut.Ac.Id

R. Windawati And H. D. Koeswanti, “Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hassil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, Vol. 5, No. 2, Pp. 1027–1038, Mar. 2021, Doi: 10.31004/Basicedu.V5i2.835.

Y. P. Rohmat Indra Borman, “Impelementasi Multimedia Development Live Cycle Pada Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Bahaya Sampah Pada Anak,” 2019.

J. Pendidikan, K. Khusus, S. Alisyafiq, B. Hardiyana, And R. P. Dhaniawaty, “Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Algoritma Dan Pemrograman Dasar Untuk Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Berbasis Android”, [Online]. Available: Http://Jpkk.Ppj.Unp.Ac.Idhttp://Jpkk.Ppj.Unp.Ac.Id

A. Pandhu Dwi Prayogha And M. Riyan Pratama, “Implementasi Metode Luther Untuk Pengembangan Media Pengenalan Tata Surya Berbasis Virtual Reality,” 2020.

R. F. Adri, “Pengaruh Pre-Test Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Program Studi Ilmu Politik Pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar,” 2020.

L. Zulpadli, B. R. Adawiyah, And R. Embong, “Pengaruh Metode Parenting Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Cahaya Gelora,” Vol. 2, No. 4, Pp. 56–61, 2021.

Darul Hikmah Asri, “Pengembangan Game Edukasi ‘Si Galang’ Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ips Materi Pakaian Adat Untuk Kelas Iv Sd,” 2018.

F. Fauzan Ar-Rafi And A. U. Zailani, “Prosiding Seminar Nasional Informatika Dan Sistem Informasi Android Based Historical Educational Game Design With Unity 3d Game Engine”.

M. Khaerudin, D. B. Srisulistiowati, And J. Warta, “Game Edukasi Dengan Menggunakan Unity 3d Untuk Menunjang Proses Pembelajaran.”




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v14i1.2982

Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub