Aplikasi Bimbingan Konseling menggunakan Metode Waterfall untuk Monitoring Perkembangan Siswa

Indra Warman, Olga Desti Nopita

Abstract


Sekolah Menengah Atas Negeri 1 V Koto Timur merupakan salah satu sekolah negeri yang berada di Kabupaten Padang Pariaman. Dalam menyelesaikan permasalahan siswa, sekolah memiliki guru bimbingan dan konseling yang bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan kepada siswa, baik itu siswa yang memiliki masalah ataupun melakukan pelanggaran. Namun faktanya, bimbingan konseling yang ada belum terdata dengan baik terkait dengan bimbingan dan pelanggaran yang dilakukan oleh siswa. Dengan dikembangkannya aplikasi bimbingan konseling diharapkan dapat menjadi solusi terhadap masalah tersebut agar dapat memonitoring bimbingan atau pelanggaran yang dilakukan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi bimbingan konseling yang mampu menjadi perantara interaksi antara guru dan siswa serta monitoring perkembangan siswa oleh orang tuanya. Aplikasi bimbingan konseling dikembangkan menggunakan metode waterfall, dimana setiap tahapan dikerjakan secara berurutan. Sistem ini dikembangkan dengan framework CodeIgniter 3, manajemen data sistem  informasi bimbingan konseling memanfaatkan bahasa pemrograman PHP, database MySQL dan webserver Apache. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi bimbingan konseling ini bisa menjadi perantara interaksi antara guru dan siswa khususnya di SMA N 1 V Koto Timur, dengan adanya log activity yang menyimpan data bimbingan konseling antara guru, guru BK, wali kelas dan siswa. Selain itu, orang tua juga dapat memonitoring perkembangan terkait pelanggaran, bimbingan, dan prestasi anaknya di sekolah.


Keywords


Bimbingan; Konseling; Monitoring; Aplikasi Web

Full Text:

PDF

References


E. Zamroni and S. Rahardjo, “Manajemen bimbingan dan konseling berbasis permendikbud nomor 111 tahun 2014,” J. konseling gusjigang, vol. 1, no. 1, 2015.

E. K. Putra and F. Rahmayeni, “Implementasi Database Mongodb Untuk Sistem Informasi Bimbingan Konseling Berbasis Web (Studi Kasus: SMP N 1 Sawahlunto),” J. Teknoif Tek. Inform. Inst. Teknol. Padang, vol. 4, no. 1, pp. 67–73, 2016.

H. Prasetiawan and S. Alhadi, “Pemanfaatan media bimbingan dan konseling di sekolah menengah kejuruan muhammadiyah se-kota Yogyakarta,” J. Kaji. Bimbing. dan Konseling, vol. 3, no. 2, pp. 87–98, 2018.

P. H. Putra and M. S. Novelan, “Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Bimbingan Konseling Pada Sekolah Menengah Kejuruan,” J. Teknovasi J. Tek. dan Inovasi, core. ac. uk, https//core. ac. uk/download/pdf/322500978. pdf, 2020.

D. Primasari and D. L. Putri, “Sistem Informasi Bimbingan Konseling Berbasis Android,” Krea-TIF J. Tek. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 1–9, 2019.

W. Widyawati, Y. Hendra, and N. Khairunnisa, “Sistem Informasi Bimbingan Konseling Di Smkn 1 Ciruas Kabupaten Serang,” J. Ilm. Sains Dan Teknol., vol. 5, no. 2, pp. 23–37, 2021.

D. Dharmawangsa and K. Siahaan, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Layanan Bimbingan Konseling Pada SMPN 17 Kabupaten Tebo,” J. Manaj. Sist. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 129–141, 2021.

R. Hormati, S. Yusuf, and M. Abdurahman, “Sistem informasi Data Poin Pelanggaran Siswa Menggunakan Metode Prototyping Berbasis Web Pada SMA Negeri 10 Kota,” J. Ilm. Ilk. Komput. Inform., vol. 4, no. 2, 2021.

N. Nabilla and A. Ichwani, “Sistem Informasi Layanan E-Konseling Psikologi Untuk Mahasiswa Berbasis Website Dengan Metode Prototype,” Mnemon. J. Tek. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 191–198, 2022.

F. Dwiyanti and D. A. Dermawan, “Pengembangan Sistem Informasi Bimbingan Dan Konseling Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique Untuk Menentukan Penanganan Pelanggaran Siswa,” IT-Edu J. Inf. Technol. Educ., vol. 5, no. 01, pp. 67–76, 2020.

A. Anisah, “Desain Sistem Informasi Administrasi Bimbingan Konseling pada SMA Negeri 1 Tempilang dengan Model Fast,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 8, no. 1, pp. 92–97, 2019.

A. S. Rosa, “Rekayasa perangkat lunak terstruktur dan berorientasi objek,” 2016.

B. Indriyanto, I. P. Ariasa, M. H. Hakim, D. Dewantara, and R. Wulandari, “Pengembangan Dan Evaluasi Sistem Informasi Desa Wisata Kertalangu Berbasis Website,” Explor. J. Sist. Inf. dan Telemat. (Telekomunikasi, Multimed. dan Inform., vol. 13, no. 1, pp. 65–72, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v13i2.2847

Article Metrics

Abstract view : 7 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub