Analisis Kinerja Algoritma Winnowing pada Pendeteksian Plagiarisme

Ari Kurniawan Saputra, Erlangga Erlangga, Tia Tanjung

Abstract


Masalah plagiarisme di saat ini dapat diselesaikan. Penelitian ini dilakukan analisis kinerja Algoritma Winnowing pada pendeteksian plagiarisme. Pemilihan Algoritma Winnowing karena dengan menghitung nilai hash dari k-gram, fungsi hash bergulir dipakai mencari nilai hash, setelah itu sebuah window dibentuk dari nilai hash. Di tiap window, nilai hash terkecil dipilih. Ketika lebih dari satu hash nilai terendah, nilai hash paling kanan dipilih. Kemudian semua nilai hash yang dipilih disimpan untuk digunakan sebagai fingerprint dokumen. Fingerprint ini berfungsi sebagai dasar untuk membandingkan kesamaan teks yang disematkan. Hasil penelitian analisis kinerja Algoritma Winnowing ini menunjukan bahwa algoritma ini cukup baik dalam pendeteksian kemiripan teks atau plagiarisme dengan hasil nilai persentase terkecil dari 10 kali pengujian yang ditunjukan pada pengujian ke-10 dengan nilai n-gram n=10, window w=3, waktu proses sec=0.0094 dengan hasil kemiripan teks 47 persen. Hasil ini lebih baik dari hasil kemiripan Algoritma Rabin Karp dari hasil penelitian sebelumnya.

Keywords


Algoritma Winnowing; Fingerprint Dokumen; Plagiasi; Similaritas; Turnitin; Document Fingerprints; Plagiarism; Similarity; Winnowing Algorithm.

Full Text:

PDF

References


lib.ugm.ac.id, “Panduan Anti Plagiarism,” Perpustakaan Universitas Gadjah Mada, 2014. https://lib.ugm.ac.id/?page_id=327 (accessed Nov. 14, 2022).

A. H. Purba and Z. Situmorang, “Analisis Perbandingan Algoritma Rabin-Karp dan Levenshtein Distance dalam Menghitung Kemiripan Teks,” J. Tek. Inform. Unika St. Thomas, vol. 02, pp. 24–32, 2017.

N. Alamsyah, “Perbandingan Algoritma Winnowing dengan Algoritma Rabin Karp untuk Mendeteksi Plagiarisme pada Kemiripan Teks Judul Skripsi,” Technol. J. Ilm., vol. 8, no. 3, pp. 124–134, 2017, doi: 10.31602/tji.v8i3.1116.

I. B. K. S. Arnawa, “Implementasi Algoritma Winnowing dalam Mendeteksi Plagiarisme pada Tugas Mahasiswa,” vol. 10, pp. 220–230, 2022.

W. Hidayat, E. Utami, and A. D. Hartanto, “Pemilihan Parameter Terbaik pada Algoritma Winnowing dalam Mendeteksi Tingkat Kesamaan Dokumen Bahasa Indonesia Selection of the Best Parameters in the Winnowing Algorithm in Detecting the Level of Similarity in Indonesian Documents,” Citec J., vol. 7, no. 2, 2020.

S. Sugiono, H. Herwin, H. Hamdani, and E. Erlin, “Aplikasi Pendeteksi Tingkat Kesamaan Dokumen Teks: Algoritma Rabin Karp Vs. Winnowing,” Digit. Zo. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 9, no. 1, pp. 82–93, 2018, doi: 10.31849/digitalzone.v9i1.1242.

G. Hizkia, O. Mangundap, H. Sujaini, and H. S. Pratiwi, “Implementasi Algoritma Winnowing pada Aplikasi,” vol. 8, no. 1, pp. 147–153, 2022.

A. M. A. K. Parewe, A. Aman, and D. P. M. Dewang, “Perbandingan Algoritma Winnowing dan Algoritma Manber dalam Mendeteksi Berita Hoax di Media Sosial,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komput., pp. 41–46, 2021.

I. Bagus and K. Surya, “Komparasi Algoritma Winnowing dan Rabin,” pp. 345–351.

gurupendidikan, “Metode Penelitian Kualitatif,” 2022. https://www.gurupendidikan.co.id/metode-penelitian-kualitatif/ (accessed Nov. 14, 2022).

A. K. Saputra, K. Muludi, and T. Thamrin, “Comparative Analysis between Rabin Karp Algorithm, Winnowing, and Turnitin Applications for Detecting Plagiarized Words,” Proceeding 6th ICITB 2020 –, no. December, pp. 40–49, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/icitb/article/view/2505.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v13i2.2845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub