Perencanaan Model Bisnis Untuk Merdeka Ritel Dengan Pendekatan Business Model Canvas

Hani Bela Pratini, Ito Setiawan

Abstract


Merdeka Ritel adalah sebuah perusahaan bergerak di bidang ritel yaitu toko swalayan yang memasarkan beragam produk kebutuhan pokok, seperti sembako, perlengkapan rumah tangga, perlengkapan sekolah, alat listrik, kosmetik, baju bayi, baju dewasa, sepatu, sandal, dan lainnya. Dalam proses bisnisnya toko Merdeka ritel memiliki masalah, diantaranya Merdeka Ritel mengalami penuruanan pendapatan karena banyak pelanggannya yang beralih berbelanja online karena lebih praktis. Pada Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bisnis Merdeka Ritel dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan Analisis SWOT. Analisis SWOT diterapkan untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pada Merdeka Ritel. Dengan menggunakan Business Model Canvas dan Analisis SWOT akan membantu dalam melakukan strategi pengembangan bisnis Merdeka Ritel agar bisa bersaing dengan toko yang lebih modern yang sudah memanfaatkan teknologi. Data yang diperoleh melalui wawanacara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan strategi yaitu Merdeka Ritel dapat melakukan digitalisasi dengan memanfaatkan teknologi telekomunikasi dan informasi untuk mengembangkan bisnisnya. Hasil strategi tersebut menjadi tujuan pada Business Model Canvas baru yang dilakukan pada semua elemen dengan menerapkan strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar untuk menjangkau segmentasi pelanggan yang lebih luas.


Keywords


Analisis SWOT; Business Model Canvas; Model Bisnis

Full Text:

PDF

References


A. Wilandari and Y. A. Permad, “Evaluasi Strategi Marketing Bisnis Ritel Skala Kecil Tradisional Kota,” vol. 1, pp. 1–8, 2021.

J. A. Soselisa, S. Raharja, and B. Suharjo, “Analisis Strategi Pengembangan Usaha Supermarket XYZ dengan Pendekatan Model Bisnis Kanvas,” Manaj. IKM J. Manaj. Pengemb. Ind. Kecil Menengah, vol. 12, no. 2, p. 194, 2018, doi: 10.29244/mikm.12.2.194-204.

A. N. B. MASSEPE, “Modul Pelatihan Business Model Canvas,” 2017.

M. Tahwin and A. Widodo, “Perancangan Model Bisnis Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas Untuk Mengembangkan Usaha Kecil Menengah,” pp. 154–166, 2018.

M. F. Abdulaziz1, 1, K. Sudiana2, S. E. F. 1, and 2, “Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Business Model Canvas (Bmc) Dan Analisis Strength, Weakness, Opportunity, Dan Threats (Swot) Pada Usaha Kecil Kue Ny Lina Di Kota Bogor,” 2022.

C. Suyanto, L. Limbong, N. D. P. Cantika, S. V. Dewi, T. Apriliana, and H. L. Suwarno, “Analisis Model Bisnis Pada Toko Biondi Menggunakan Business Model Canvas,” Semin. Nas. Pariwisata dan Kewirausahaan, vol. 1, pp. 237–245, 2022, doi: 10.36441/snpk.vol1.2022.46.

W. Wuryanto and A. Wahid, “Perencanaan Inovasi Pengembangan Argowisata Bukit Flora Dengan Pendekatan Metode Bisnis Model Kanvas,” Available online at http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/jkie, no. 1, pp. 81–90, 2019.

Dr. Sandu Siyoto, SKM., M.Kes. 2015.

J. P. Ayu, “Perencanaan Model Bisnis pada UMKM dalam Mengembangkan Oleh-oleh Khas Bekasi,” J. Res. Bus. Tour., vol. 1, no. 1, p. 75, 2021, doi: 10.37535/104001120216.

H. Junaidi and D. Yulianti, “Ekonomi Pariwisata Studi Pada Kota Pagaralam.”

D. Tantriana, “Business Model Canvas Produk Simpanan Kencleng Koperasi Syariah Manfaat Surabaya,” Semin. Nas. dan Call Pap. Manajemen, Akuntansi, dan Perbank., pp. 154–169, 2018.

M. Aldio, H. Putra, I. B. Praptono, and B. H. Sagita, “Perancangan Model Bisnis Pada Kopisiku Menggunakan Metode Pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan Analisis SWOT,” e-Proceeding Eng. , vol. 8, no. 2, pp. 2229–2244, 2021.

R. F. Deary, F. Hasun, and S. Aryani3, “Evaluasi Dan Perancangan Model Bisnis Wedo Party Planner Menggunakan Metode Business Model Canvas Evaluation and Design of Wedo Party Planner Business Model Using Business Model Canvas,” e-Proceeding Eng., vol. 8, no. 5, pp. 6962–6971, 2021.

Francesca Monaco, “What is a Business Model Canvas?” 2019, [Online]. Available: https://merlin-ict.eu/what-is-a-business-model-canvas/.

I. Miftahudin, B. Praptono, and B. Hera Sagita, “(BAB 2 - VPC) Perancangan Model Bisnis Rumah Makan Lesehan Bambu Kuning Dengan Menggunakan Kerangka Business Model Canvas Design of Business Model of Lesehan Bambu Kuning Restaurant Using the Business Model Canvas Outline,” e-Proceeding Eng., vol. 8, no. 5, pp. 7700–7707, 2021, [Online]. Available: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/16406.

I. W. Sakti, B. Praptono, and B. H. Sagita, “Perancangan Usulan Model Bisnis Pada Stco.Theway Dengan Menggunakan Pendekatan Metode Business Model Canvas dan Analisis SWOT,” e-Proceeding Eng., vol. 8, no. 4, pp. 4041–4053, 2021.

A. S. Harahap, F. Hasun, and Y. Prambudia, “Evaluasi Dan Perancangan Model Bisnis Pada Kusuma Jaya Perabot Dengan Menggunakan Business Model Canvas Evaluation and Design of Business Model At Kusuma Jaya Perabot Using Business Model Canvas,” vol. 8, no. 5, pp. 6928–6940, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v13i2.2770

Article Metrics

Abstract view : 7 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub