Analisis Ulasan Pembelian Produk Beras di Marketplace Shopee dengan Menggunakan Topic Modelling

Dedy Sugiarto, Reyhan Dwi Putra, Wahyu Hidayat, Ema Utami, Ainul Yaqin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk menangkap pengalaman pelanggan dalam melakukan pembelian produk beras pada marketplace Shopee. Metode yang digunakan adalah Latent Dirichlet Allocation dan dianalisis berdasarkan beberapa kategori rating yaitu rating rendah (sentiment negatif), rating sedang (sentiment netral) dan rating tinggi (sentiment positif). Hasil penelitian ini menujukkan bahwa ulasan pelanggan pada pembelian produk beras di marketplace shopee memiliki dominansi pada sentiment positif disusul oleh sentiment negative dan netral. Sentimen negative berisi dengan kata dengan frekuensi terbesar yaitu “kualitas”, “kirim”, “harga” dan juga kata negatif seperti kutu dan lubang. Sentimen positif terdiri atas kata  yang muncul paling banyak yaitu “beras”, “rasa”, “kirim”, “bagus” dan “baik”.   Hasil pemilihan berdasarkan nilai koherensi divisualisasi dengan jumlah topik sebanyak 3 yaitu terkait dengan topik kualitas beras dan harga, rasa dan kualitas serta harga dan pengiriman.


Keywords


Beras; Pemodelan Topik; Sentiment,;Shopee; Ulasan Produk

Full Text:

PDF

References


A. S. Nisafani, A. Wibisono, and M. H. T. Revaldo, “Analyzing the Effectiveness of Public e-Marketplaces for Selling Apparel Products in Indonesia,” Procedia Comput. Sci., vol. 124, no. April 2019, pp. 274–279, 2017, doi: 10.1016/j.procs.2017.12.156.

N. A. Rakhmawati, A. E. Permana, A. M. Reyhan, and H. Rafli, “Analisa Transaksi Belanja Online Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Teknoinfo, vol. 15, no. 1, p. 32, 2021, doi: 10.33365/jti.v15i1.868.

S. Molinillo, J. L. Ximénez-de-Sandoval, A. Fernández-Morales, and A. Coca-Stefaniak, “Hotel Assessment through Social Media: The case of TripAdvisor,” Tour. Manag. Stud., vol. 12, no. 1, pp. 15–24, 2016, doi: 10.18089/tms.2016.12102.

G. Gesitera, “Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang,” vol. 9, no. 2, pp. 173–194, 2020.

Arifin Rente, Pengantar agroindustri, no. August. 2018.

B. Liu, Sentiment Analysis and Opinion Mining, no. May. 2012.

D. Blei, L. Carin, and D. Dunson, “Probabilistic topic models,” IEEE Signal Process. Mag., vol. 27, no. 6, pp. 55–65, 2010, doi: 10.1109/MSP.2010.938079.

Y. Putranto, A. Djuraidah, and B. Sartono, “Topic Modelling and Hotel Rating Prediction based on Customer Review in Indonesia Topic modelling and hotel rating prediction based on customer review in Indonesia,” no. January, 2021, doi: 10.1504/IJMDM.2021.10036033.

K. Dheanis, A. Salsabila, and N. Trianasari, “Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika Analisis Persepsi Produk Kosmetik Menggunakan Metode Sentiment Analysis Dan Topic Modeling ( Studi Kasus : Laneige Water Sleeping Mask ),” vol. 7, no. 1, pp. 1–9, 2021.

M. Y. Febrianta and S. Widiyanesti, “Analisis Ulasan Indie Video Game Lokal Pada Steam Menggunakan Sentiment Analysis Dengan Algoritma Naïve Bayes Classifier Dan Lda-Based Topic Modeling Review Analysis Of Local Indie Video Games On Steam Using Sentiment Analysis With Naïve Bayes Classifier,” in e-Proceeding of Management, 2021, vol. 8, no. 4, pp. 3102–3109.

Z. Liu, Y. Lin, and M. Sun, Representation Learning for Natural Language Processing. 2020.

D. Mimno, H. M. Wallach, E. Talley, and M. Leenders, “Optimizing Semantic Coherence in Topic Models,” in Conference on Empirical Methods in Natural Language Processing, 2011, no. 2, pp. 262–272.

T. K. Kurniasari, W. Maharani, and J. H. Husen, “Analisis Media Sosial Twitter untuk Mengetahui Pengguna Berpengaruh pada Portal Berita di Indonesia dengan Metode TSIM ( Topic-based Social Influence Measurment ) Pendahuluan,” vol. 7, no. 3, pp. 10043–10060, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v13i2.2348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub