Pengembangan Pembelajaran Bahasa Inggris Online dengan Penggunaan Latar Sejarah Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa

Adhi Nurhartanto, Tyas Desita Wengrum

Abstract


Pandemi telah memaksa dilaksanakannya pembelajaran secara dalam jaringan (daring), termasuk pembelajaran Bahasa Inggris. Selain faktor teknis, faktor psikologis terutama motivasi belajar dikhawatirkan dapat mempengaruhi motivasi siswa terhadap pembelajaran Bahasa Inggris dan dikhawatirkan dapat mempengaruhi kompetensi siswa. Tujuan penelitian ini adalah menciptakan sebuah modul berbasis daring yang dapat membantu siswa dalam belajar bahasa Inggris walaupun tidak didampingi oleh guru sebagaimana seharusnya sebuah kelas bahasa.  Sebagai media pembelajaran, HTML 5 Package (H5P) digunakan untuk memfasilitasi mahasiswa untuk mempelajari topik-topik yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris tanpa terlalu bergantung pada jadwal pembelajaran dari tutor. Untuk menjaga sifat keingintahuan siswa, topik-topik berlatar sejarah digunakan pada materi Bahasa Inggris dengan harapan mahasiswa akan tertarik untuk tetap mengakses pembelajaran karena rasa ingin tahu terhadap sejarah bangsanya.  Data mengenai motivasi dikumpulkan melalui kuesioner terhadap 30 orang siswa sebagai sample dan kompetensi siswa diuji dengan menggunakan pretest-posttest. Hasil pengujian menunjukkan bahwa motivasi siswa terjaga walaupun kelas dilakukan tanpa tatap muka dan hasil posttest menunjukkan kecenderungan peningkatan kemampuan mahasiswa.


Keywords


online learning, motivation, history, language acquisition

Full Text:

PDF

References


Gkonou, C., Mercer, S., & Daubney, M., 2018. “Teacher perspectives on language learning

psychology”. Language Learning Journal, 46(4), 501–513, 2018.

Subekti, A. S., L2 Motivational Self System and L2 achievement: A study of Indonesian

EAP learners. Indonesian Journal of Applied Linguistics 8(1), 2018.

Hutabarat, P., The Relationship betwen Second Language Acquisition Process and English Language Teaching in Indonesia. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 1(2), 159–174. 2016.

Tanjung, F., Language Learning Strategies In English As A Foreign Language Classroom In Indonesia Higher Education Context. LLT Journal, 21(June), 50–68, 2018.

Lamb, M., Astuti, S. P., & Hadisantosa, N., In Their Shoes: What Successful Indonesian School Teachers Do to Motivate Their Pupils. In T. Apple, Matthew T., Silva, Dexter Da. & Fellner (Ed.), L2 Selves and Motivations in Asian Contexts (pp. 195–216). Bristol; Buffalo: Multilingual Matters, 2017.

Yuzulia, Irza, The Challenges Of Online Learning During Pandemic: Students’ Voice. Wanastra: Jurnal Bahasa dan Sastra Volume 13 No. 1 Maret 2021, 2021.

Malelak, Erly O., Taneo, Joris. &Ufi, Delsylia T., Problems of Online Learning During The Covid-19 Pandemic in Generation Z. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan Vol. 12, No. 1, April 2021, Hal. 115-121, 2021.

D. Dörnyei, Z., & Ryan, S, The Psychology of the Language Learner Revisited. New York:Routledge, 2015.

E Liu, Y., & Thompson, A. S., Language learning motivation in China: An exploration of the L2MSS and psychological reactance. System 72, 37-48, 2017

Farid, A., Lamb, M., English for Da'wah? L2 motivation in Indonesian pesantren schools, System, 2020.

T Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV, 2017.

Dörnyei, Z., The L2 Motivational Self System. In Z. Dörnyei& E. Ushioda (Eds.),Motivation, Language Identity and the L2 Self (pp. 9–42). 2009.

Papi, Mostafa, The L2 motivational self system, L2 anxiety, and motivated behavior: A structural equation modeling approach, System, Volume 38, Issue 3, Pages 467-479, 2010.

Prensky, M., "Digital Natives, Digital Immigrants Part 1", On the Horizon, Vol. 9 No. 5, pp. 1-6, 2001.

Dörnyei, Z., Towards a better understanding of the L2 Learning Experience, the Cinderella of the L2 Motivational Self System. Studies in Second Language Learning and Teaching, 9(1), 19-30, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v12i2.2168

Article Metrics

Abstract view : 6 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub