PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA AMRI SUPERMARKET BANJAR JAYA UNTUK PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK

Tri Susilowati, Sucipto Sucipto, Nungsiyati Nungsiyati, Tomi Adi Kartika, Nur Zaman

Abstract


Sumber daya manusia (karyawan) yang sangat berperan dalam mewujudkan visi dan misi suatu perusahaan baik swasta maupun pemerintah. Kualitas dan semangat kerja yang diberikan karyawan dapat membantu keberlangsungan kemajuan suatu perusahaan. Untuk mendukung semangat karyawan dalam bekerja, Amri Supermarket menerapkan pemberian reward atau penghargaan kepada karyawan terbaik yang dilakukan secara periodik atau yang dikenal dengan Employee of the Month (EOM). Penghargaan yang diberikan dapat berupa penambahan gaji atau kenaikan jabatan. Agar proses penilaian karyawan mendapatkan nilai yang objektif dan tepat sasaran, maka pada Amri Supermarket diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) sering dikenal dengan istilah metode pemjumlahan terbobot, dengan kriteria antara lain: Kinerja, presensi, prilaku, penampilan, atribut. Konsep dasar dari metode Simple Additive Weighting (SAW) adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif dari semua atribut. Dengan menggunakan kriteria Metode Simple Additive Weighting (SAW) membutuhkan proses normalisasi matriks keputusan (X) ke suatu skala yang dapat diperbandingkan dengan semua rating alternatif yang ada. Sistem pendukung keputusan pemilihan karyawan terbaik ini akan dikembangkan dengan menggunakan Destop.


Keywords


Karyawan, Penilaian Karyawan, Simple Additive Weighting (SAW), Database MySQL

Full Text:

PDF

References


Susilowati,Tri, 2018. Determination Of Scholarship Recipients Using Simple Additive Weighting Method. International Journal of Pure and Applied Mathematics.119(15) · June 2018

---------- Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru pada Sekolah Dasar Negeri 1 Banjar Negeri dengan metode TOPSIS. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model). STMIK Pringsewu.2018

. Antika, Ririn. 2017. Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Pada Sma N 1 Sukoharjo Menggunakanmetode SAW (Simple Additive Weighting). PROCIDING KMSI STMIK Pringsewu.

Turban, E. A., Aronson, J. E. dan Liang, T. P., 2011 “Decision Support System and Intelligence System 7th Edition,” Prentice Education International.

Fishburn, P. C.,1967, A Problem-based Selection of Multi-Attribute Decision Making Methods, Blackwell Publisihing, New Jersey.

Kusumadewi, S. et al. 2006. Fuzzy MultiAttribute Decision Making (FUZZY MADM). Graha Ilmu. Yogyakarta.

Sukamto,Salahuddin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v10i2.1317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub