CHATTER BOT UNTUK KONSULTASI AKADEMIK DI PERGURUAN TINGGI

Ahmad Cucus, Robby Yuli Endra, Tiya Naralita

Abstract


Pada penelitian ini peneliti mengembangkan aplikasi Chatterbot  berbasis NLP. Natural Language Processing adalah salah satu bidang ilmu komputer, kecerdasan buatan, dan bahasa linguistik yang berkaitan dengan interaksi antara komputer dan bahasa alami manusia, seperti bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Tujuan utama dari studi NLP adalah membuat mesin yang mampu mengerti dan memahami makna bahasa manusia lalu memberikan respon yang sesuai. Dengan adanya aplikasi Chatterbot berbasis NLP dapat membantu mahasiswa dalam melakukan kegiatan konsultasi akademik menjadi lebih efektif.

Keywords


Chatterbot, NLP, artificial intelligence

Full Text:

PDF

References


.Alhawiti, K. M. (2014). Natural Language Processing and its Use in Education. IJACSA) International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 5(12), 72–76.

.Iroju, O. G., & Olaleke, J. O. (2015). A Systematic Review of Natural Language Processing in Healthcare. International Journal of Information Technology and Computer Science, 7(8), 44–50. https://doi.org/10.5815/ijitcs.2015.08.07

.Rahman, A. M., Al Mamun, A., & Islam, A. (2018). Programming challenges of chatbot: Current and future prospective. 5th IEEE Region 10 Humanitarian Technology Conference 2017, R10-HTC 2017, 2018–January, 75–78. https://doi.org/10.1109/R10HTC.2017.8288910 [4].Ranoliya, B. R., Raghuwanshi, N., & Singh, S. (2017). Chatbot for university related FAQs. 2017 International Conference on Advances in Computing, Communications and Informatics, ICACCI 2017, 2017–January, 1525–1530. https://doi.org/10.1109/ICACCI.2017.8126057

.Smith, C., McGuire, B., Huang, T., & Yang, G. (2006). The History of Artificial Intelligence. University of Washington, (December), 27.

.Vichare, A., Gyani, A., Shrikhande, Y., & Rathod, N. (2015). A chatbot system demonstrating Intelligent Behaviour using NLP, 4(10), 4–6.

.Jurafsky D. dan Martin, J.H. (2008). Speech and Language Processing: An Introduction to Natural Language Processing, Computational Linguistics, and Speech Recognition. 2ndEdition. New Jersey: Pearson, Prentice Hall.

.Nataliya Rassadko, Yannis Velegrakis (2013). On Generating Benchmark Data for Entity Matching Journal on Data Semantics March 2013, Volume 2,

. Prof.Dr. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D penerbit Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v10i1.1214

Article Metrics

Abstract view : 269 times
PDF - 419 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub