Penerapan Metode Indeks Bahaya Kecelakaan untuk Anaisis Kasus Lalu Lintas di Lampung

Junardi JUNIARDI

Abstract


Jalan raya sebagai sarana mobilitas kendaraan, juga dirancang untuk semakin lebar, panjang dan bebas dan hambatan. Sayangnya tingkat mobilitas dan akselerasi yang semakin tinggi, nampak menimbulkan persoalan ikutan yakni tingginya angka kecelakaan, sebab itu perlu adanya kajian terhadap indeks bahaya kecelakaan lalu lintas jalan raya di Lampung.Banyak penyebab kecelakaan di jalan diantaranya selain pertambahan penduduk dan kemakmuran yang menyebabkan semakin banyak orang berpergian. Pengkajian lebih mendalam terhadap permasalahan ini sangat diperlukan, dan juga terhadap beberapa faktor yang menimbulkan kecelakaan jalan raya, sebelum tindakan yang efektif dapat dilakukan untuk menangani situasi sekarang.

 

Penggunaan Metode Indeks Bahaya Kecelakaan lebih memberikan gambaran yang jelas tentang bahaya kecelakaan di Propinsi Lampung. Penghitungan laju kecelakaan dengan menggunakan metode indeks bahaya kecelakaan memberikan gambaran yang jelas tentang bahaya kecelakaan yang ada di Propinsi Lampung, karena tiap parameter mempunyai hasil yang sangat jauh berbeda.          Nilai Indeks Bahaya Kecelakaan (AHI) untuk Propinsi Lampung menunjukkan bervariasi. Nilai Indeks Bahaya Kecelakaan (AH1) yang didapat, untuk Bandar Lampung (3,350), Lampung Barat (1,111) dan Lampung Utara (1,023) lebih besar dari satu, ini menunjukkan daerah tersebut mempunyai masalah dalam kecelakaan, sedangkan daerah Lampung Selatan (0,721) dan Lampung Tengah (0,889) tidak menunjukkan adanya masalah kecelakaan yang serius.  Jadi nilai indeks bahaya kecelakaan yang paling besar adalah daerah Bandar Lampung dengan nilai AHI 3,350.


Keywords


Indeks Bahaya Kecelakaan (AHI); Laju Kecelakaan Rata-rata.

Full Text:

PDF

References


H. Oglesby Clarkson, R.Clary 1 licks, Teknik Jalan Raya, Penerbit Erlangga, 1990.

Hobbs. F. D, Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Gadjah Mada University Press Yogyakarta, 1995.

David Shen Lon-li, A. M. ASCE, Development of Higway Accydent Hazard Indeks, Journal of Transportasion Enggineering, Vol. 112, No. 5, September 1996, P. 447-464.

Jacobs. G. D. and Huctchinson. P, A Study of Accident Rates in Develoving Countries, Transport and Road Research Laboratory, 1973, Crowthorne, Berkshire.

BSLLAK Direktorat, Rekayasa Lalu Lintas, 1999, Direktorat Jendral Perhubungan Darat Jakarta.

Jacobs. G. D. and Sayer. I, Road Accidents in Developing Countries-Urban Problems and Remedial Measures, Ttransport and Road Research Laboratory, 1984, Crowthorne, Berkshire.

Sayer. I, An Analysis of Police and Medical Road Accident Data : Sri-Langka 1977-1981, Transport and Road Research Laboratory, 1984, Crowthorne, Berkshire.

Garret. J. W. and Tharp. K. J. Development of Omprofved Methods for Reduction of Traffic Accidents, 1969, Flighway Research Board.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jts.v7i1.915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.