Analisa Dan Desain Pondasi Tiang Pancang Berdasarkan Bentuk Tiang

Lilies Widojoko

Abstract


Definisi pondasi adalah bagian terbawah dari suatu bangunan (sub structure) yang menerima dan meneruskan seluruh beban-beban yang bekerja di bag'an atasnya dengan segala efeknya, termasuk beban tidak tetap, gempa, angin, suara, yang kemudian diterima oleh suatu lapisan tanah sehingga diharapkan bangunan dalam kondisi aman.Pondasi tiang merupakan type pondasi yang sering digunakan pada stuktur bangunan yang membutuhkan daya dukung yang sangat besar, seperti gedung bertingkat, jembatan dan lain-lain. Apabila tanah dasar di bawah bangunan tersebut tidak mempunyai daya dukung yang aman untuk memikul berat bangunan serta beban yang bekerja di atasnya, atau apabila lapisan tanah yang mempunyai daya dukung (bearing capacity) yang aman untuk memikul berat bangunan letaknya sangat dalam.

 

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Ditinjau dari segi kekuatan bahan, maka daya dukung pondasi yang paling besar adalah pondasi baja H yaitu sebesar 194,6 ton, (2)          Ditinjau dari daya dukung tanah, daya dukung pondasi yang paling besar adalah pada pondasi tiang baja profil H yaitu sebesar 7719 ton, (3)      Kondisi tanah sangat berpengaiuh dalam menentukan besarnya kapasitas daya dukung yang dapat dipikul oleh tiang pancang.

Keywords


Tiang Pancang; Daya Dukung Pondasi.

Full Text:

PDF

References


Bowles. J.E. 1981. Analisa dan Desain Pondasi Jilid 1. Penerbit Hrlangga, Jakarta.

. 1986. Analisa dan Desain Pondasi Jilid 2. Penerbit Erlangga. Jakarta.

__. 1991. Sifat-sifat Fisis dan Geoteknis Tanah (Mekanika Tanah). Penerbit Erlangga, Jakarta.

Tomlinson. M.J. 1977. Pile Design and Construction Practice. Penerbit Cernent and Concrète Association, 52 Grosvenor Gardens, London.

Burn, 11 dan Lin, T.Y. Desain Struktur Beton Prutegang.

Taufik Nurjaya, Arsip Mata Kuliah Rekayasa Pondasi.

Herry Riyanto, Arsip Mata Kuliah Beton Prategang.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jts.v6i2.912

Article Metrics

Abstract view : 4517 times
PDF - 456 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.