ANALISIS PENGARUH PENGATUR LALU LINTAS LIAR PADA U-TURN TERHADAP KINERJARUAS JALAN ZAINAL ABIDIN PAGAR ALAM STA 1+750

A Ikhsan Karim, Juniardi Juniardi, M Rivo Sulthon

Abstract


U-Turn merupakan saIah satu fasilitas pada jalan untuk melakukan perubahan arah. SaIah satu pengaruh ketika melakukan gerakan U-Turn yaitu perubahan kecepatan kendaraan dimana kecepatannya akan menurun dan berhenti. Kemacetan ini teratasi jika ada petugas dari kepolisian atau dishub, akan tetapi jika ada pengatur IaIu Iintas Iiar atau yang biasa dipanggil pak 0gah, seharusnya sama pengaruhnya degan pengatur lalu lintas resmi, akan tetapi menurut opini masyarakat adalah sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kecepatan, antrean, dan tundaan yang terjadi saat adanya pengatur IaIu Iintas Iiar dan tanpa adanya pengatur IaIu Iintas Iiar . Data lapangan diambil pada hari Senin 10 Juni 2024 dan hari Sabtu 15 Juni 2024 dari jam 06:30 – 10:30. Pengatur IaIu Iintas Iiar muncul pada jam 07:30 – 08:30, kemudian muncul kembali pada jam 10:00 – 11:00. Berdasarkan analisis data lapangan yang diperhitungkan, jika pada waktu kemunculannya pengatur lalu lintas liar terjadi perbedaan kecepatan, antrean, dan  tundaan yang menyebabkan semakin terjadi kemacetan.


Keywords


U-Turn, Pengatur IaIu Iintas Iiar

Full Text:

PDF

References


Cintya, C., & Prihutomo, N. B. (2021). Analisis Kinerja U-Turn (Putar Balik) Di Ruas Jalan Transyogi Cibubur. Seminar Nasional Teknik Sipil Politeknik Negeri Jakarta, 2021, 2715–5668.

Departemen Pekerjaan Umum. (2005). Pedoman Perencanaan Putaran Balik (U- Turn). Direktorat Jenderal Bina Marga.

Departemen Pekerjaan Umum. (2023). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia. Direktorat Jenderal Bina Marga.

Maran, M. A. (2017). Perencanaan Model U-Turn Di Ruas Jalan Andi Pangeran Pettarani. In Program Studi: Teknik Sipil, Universitas Hasanuddin Gowa.

Saputra, I. K. D. (2019). Analisa Kinerja U-Turn Dan Ruas Jalan Di Jalan By Pass Ngurah Rai Denpasar (Studi Kasus: Jalan By Pass Ngurah Rai Denpasar Di Depan SPBU Suwung Sanur). Doctoral dissertation, Universitas Ngurah Rai.

Yanti, E. A. (2022). Analisa Pengaruh Jarak U-Turn Terhadap Kinerja Jalan (Studi Kasus Di Jalan Sriwijaya Lombok Epicentrum Mall). Program Studi: Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Mataram.

Muhammad, I. M. (2014). Hubungan tundaan dan panjang antrian terhadap konsumsi bahan bakar akibat penyempitan jalan (bottleneck) pada pembangunan flyover palur (studi kasus : jalan raya palur km 7.5)




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jts.v15i2.4138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


situs slot 4d