Perbandingan Efektivitas Peredam Suara Dinding Menggunakan Rockwool dan Styrofoam Terhadap Tingkat Kebisingan Kereta Di Pemukiman Rawa Laut Bandar Lampung

Ibnu Syah Alam, Titis Lukita Sari

Abstract


 

Kebisingan kereta api merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh Masyarakat yang tinggal di sekitar jalur kereta api. Kebisingan ini dapat menggagu kenyamanan yang juga akan berdampak pada  kesehatan masyarakat. Salah satu Upaya untuk mengurangi kebisingan kereta api adalah dengan menggunakan peredam suara. Penelitan ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas peredam suara dinding menggunakan rockwool dan styrofoam terhadap tingkat kebisingan kereta dengan objek penelitian yaitu salah satu pemukiman di Rawa Laut Bandar Lampung. Metode yang dilakukan untuk mengetahui efektivitas jenis peredam terhadap tingkat kebisingan suara kereta yang melintas yaitu dengan melakukan pengukuran suara menggunakan alat decibel meter pada objek yang telah dipasang peredam dengan beberapa scenario pola penempatan bahan peredam. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, tingkat efektivitas peredam suara dengan nilai reduksi paling tinggi adalah rockwool dengan kemampuan redaman sebesar 11% dari suara yang dihasilkan oleh penggerak kereta (lokomotif) dan 15% dari suara yang dihasilkan gerbong kereta yang melintas.


Keywords


kereta, kebisingan, peredam, rockwool, styrofoam

Full Text:

PDF

References


Dian Pratiwi , Bagas Ubaidi , Fajar Dewantoro , Vanita Kesumawati Yakub dan Agus Widodo (2022). ANALISIS KEBISINGAN LINGKUNGAN PADA LINTASAN KERETA (STUDY KASUS: JALUR KERETA DI KELURAHAN REJOMULYO KEDATON). Universitas Teknokrat Indonesia, Bandar Lampung.

Fieldyati Nur, Qorry Nugrahayu, Asiyah Azmi (2018). HUBUNGAN GANGGUAN SUBJEKTIF KEBISINGAN KERETA API TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA SD NEGERI WIDORO YOGYAKARTA. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Kementrian Negara Lingkungan Hidup (1996). Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 48/MENLH/11/1996 Tentang Baku Tingkat Kebisingan: Jakarta.

Kementrian Kesehatan (1987). NOMOR 718/MENKES/PER/XI/1987 Kebisingan yang Berhubungan Dengan Kesehatan. Jakarta.

Muhammad Aurelio Essifa dan Nugroho Eko Setjiogiarto (2022). Analisis Dan Aplikasi Rockwool Pada Muffler Untuk Menyerap Kebisingan Pada Diesel.Politeknik Negeri Jakarta , Jakarta.

Michael Sophian Putra, Ratna Kusuma Wati, R. Prihandjojo Andri Putranto (2017). Pengaruh Kebisingan Kereta Api Kepada Kualitas Hidup. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Prabu. (2009), Dampak Kebisingan Terhadap Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rusjadi, D dan Palupi, M.R. (2011) Kajian Metode Sampling Pengukuran kebisingan Dari Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No, 48 Tahun 1996. Jurnal Standarisasi, Tanggerang.

Utri Riana Lucya (2022). Analisis dan Pemetaan Tingkat Kebisingan Akibat Aktivitas Kereta Api pada Permukiman Sepanjang Jalur Kereta Api Jln.Adinegoro Koto Tangah, Kota Padang. Institut Teknologi Sumatera, Lampung.

Widagdo, S. (1998). Studi Reduksi Kebisingan Menggunakan Vegetasi Dan Kualitas Visual Lanskap Jalan Tol Jagorawi. Hal 4. Program Pasca Sarjana. Institut Pertanian Bogor: Jawa Barat.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jts.v15i1.3632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.