ANALISIS TINGKAT KEBISINGAN KERETA API BABARANJANG DAN PRESEPSI MASYARAKAT DI AREA PERMUKIMAN KOTA BANDAR LAMPUNG

Hasto Wondo Susilo, Aditya Mahatidanar Hidayat

Abstract


Itensitas angkutan kereta api batu bara yang beroperasi selama 24 jam dapat menimbulkan kebisingan pada jam– jam tertentu. Dimana pada jam jam sibuk dapat menghasilkan kebisingan sesuai dengan tabel baku tingkat kebisingan Kepmen LH Nomor 48 Tahun 1996 peruntukan kawasan perumahan dan permukiman sebesar 55 dBa.
Tingkat Kebisingan Siang Malam Hari (Lsm) pada permukiman yang berjarak 15 m dari jalur rel adalah sebesar 69.53 dBA. Tingkat Kebisingan Siang Malam Hari (Lsm) pada permukiman yang berjarak 30 m dari jalur kereta api adalah sebesar 66.03 dBA. Tingkat Kebisingan Siang Malam Hari (Lsm) pada permukiman yang berjarak 60 m dari jalur kereta api adalah sebesar 62.73 dBA. Sedangkan pada pemukiman yang berada pada jarak 90 meter dari rel adalah sebesar 60.74 dBA. Nilai ini melampaui baku tingkat kebisingan yang ditetapkan dalam SK Menteri Lingkungan Hidup No. Kep-48/MENLH/11/1996, tentang Baku Tingkat Kebisingan, yaitu 55 dBA dengan toleransi 3 dBA..


Keywords


Kebisingan, Lingkungan, Kereta Api

Full Text:

PDF

References


Aji, Fresi Yuliana Putri Tias. 2017. Analisa Kebisingan Lingkungan Akibat Kereta Api Pada Pemukiman Yang Dilewati Jalur Double Track. Skripsi. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember..

Chimayati, Rachmi Layina. 2017. Analisis Tingkat Kebisingan yang Ditimbulkan Oleh Aktifitas Bandar Udara dan Upaya Pengelolaannya. Institut Teknologi Sepuluh November : Surabaya.

Christi, Fina Violita. 2017. Gambaran Tingkat Bising dan Gangguan Non Auditori Penduduk Sepanjang Rel Kereta Api Ngagel Rejo Surabaya. Jurnal Departemen Kesehatan Lingkungan. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Airlangga Surabaya.

Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 48 Tahun 1996 tentang Kebisingan

Margiantono, A., (2013). Pengembangan Model Tingkat Kebisingan Didaerah Sepanjang Jalan Kereta Api. Jurnal Fisika Vol. 3 No. 1, Mei 2013. Jurusan Teknik Elektro Universitas Semarang.

Pusat Sarana Pengendalian Dampak Lingkungan. 2012. Laporan Pengkajian Kebisingan dan Getaran Lingkungan di Sekitar Lintasan Kereta Api. Kementerian Lingkungan Hidup RI: Jakarta

Rusli, M. 2008. Pengaruh Kebisingan dan Getaran Terhadap Perubahan Tekanan Darah Masyarakat Yang Tinggal di Pinggiran Rel Kereta Api Lingkungan XIV. UniversitasSumatera Utara, Sumatera Utara

Simanjuntak, D. G. (2014). Analisa Tingkat Kebisingan Kereta Api Pada Jalan Rel Segmen Medan – Tebing Tinggi. Universitas Sumatera Utara. Medan

Suryani, Novi D. Ira. 2015. Analisis Pengaruh Tingkat Kebisingan dan Getaran Kereta Api Terhadap Tekanan Darah Ibu Rumah Tangga di Pemukiman




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jts.v14i2.3481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.