PENGARUH DEBIT ALIRAN SUNGAI WAY KANDIS HULU TERHADAP TINGKAT SEDIMENTASI DAN OKSIGEN TERLARUT (DO) RUAS POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG

Adi Purnomo, Any Nurhasanah

Abstract


Perubahan penggunaan lahan mempengaruhi keseimbangan lingkungan yang dapat memberi pengaruh positif maupun negatif, terutama pengaruh terhadap kualitas air sungai dan pendangkalan akibat sedimentasi. Faktor yang memicu penurunan kondisi lingkungan tersebut diantaranya adalah pertumbuhan jumlah penduduk dan perubahan lahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara debit dengan laju sedimen dan Dissolved oxygen (DO).
Cara yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode monitoring yang dilakukan selama 2 bulan yaitu, bulan Desember 2022 s/d Januari 2023. Data yang digunakan meliputi data primer berupa data pengukuran kecepatan, pengukuran penampang sungai, tinggi muka air sungai dan pengambilan sampel air, serta data sekunder berupa data spasial batas-batas DAS, nama sungai, dan batas adminitrasi kabupaten, kota Bandar Lampung. Data primer akan menghasilkan perhitungan debit dan sedimen sungai. Data sekunder akan menghasilkan peta sub daerah aliran Sungai Way Jembab yang diolah melalui ArcGis.
Perhitungan diperoleh hubungan antara debit dengan laju sedimen dan debit dengan kandungan Dissolved Oxygen (DO), Koefesien determinasi (𝑅𝑅2) tertinggi hubungan antara debit dan laju sedimen terjadi pada bulan Januari yaitu sebesar 0,8846 atau R² = 88% sedangkan koefesien determinasi terendah terjadi pada bulan Desember yaitu sebesar 0,7540 atau R² = 75%. Laju sedimen tertinggi terjadi pada bulan Desember dan laju sedimen terendah terjadi pada bulan Januari. Hubungan antara debit dengan DO per bulan menunjukkan bahwa data debit yag diperoleh baik debit rendah maupun tinggi, tidak mempengaruhi besar kecilnya kandungan DO di dalam Perairan, karena hasil data yang diperoleh fluktuatif selama pengamatan atau penelitian berlangsung selama dua bulan.


Keywords


Sungai, Hubungan Debit, Laju Sedimen, Dissolved Oxygen.

Full Text:

PDF

References


Asdak, C., 2006. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Kristanto. 2002. Pencemaran Limbah Cair. Yudistira. Jakarta.

Rahayu, Dkk. 2009.Monitoring Air Di Daerah Aliran Sungai. Agroforestry Centre ICRAF asia Tengara: 104 p.

Soewarno. (2015). Seri Hidrologi Klimatologi pengukuran dan pengolahan Data Curah Hujan, Contoh Aplikasi Hidrologi Dalam Pengelolaan Sumber Daya Air. Bandung: Graha Ilmu.

Sosrodarsono Suyono, Kensaku Takeda. 2003.Hidrologi Untuk Pengairan, Pradnya Paramita, Jakarta.

Sri Harto BR, 2000, Hidrologi : Teori, Masalah, Penyelesaian. Nafitri Offset. Yogyakarta.

Wardhana, W.A. 2004. Dampak Pencemaran Lingkungan. Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jts.v14i2.3480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.