ANALISIS PERBANDINGAN TEBAL PERKERASAN KAKU DAN PERKERASAN LENTUR METODE MDPJ 2017

Gilang Prasojo, Alfa Narendra

Abstract


Proyek Paket I.4 Pembangunan Jalan Kawasan Industri Terpadu Batang merupakan salah satu akses penghubung dari Tol Trans Jawa, Jalan Nasional Pesisir Utara, dan Kabupaten Batang. Jenis perkerasan yang digunakan adalah perkerasan kaku dengan tipe perkerasan beton bersambung tanpa tulangan dengan panjang per segmen 5 m, lebar pelat 4 m, dan lebar median 2 m. Dengan konfigurasi lajur 4/2 D pada struktur jalan utama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merencanakan perkerasan kaku dan perkerasan lentur metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 dan membandingkan kedua jenis perkerasannya untuk kemudian dipilih jenis pekerasan yang lebih ekonomis. Hasil tebal perencanaan kaku yang didapat yaitu 300 mm untuk tebal pelat beton, 100 mm untuk lean concrete, 150 mm untuk lapis drainase, dan sambungan dowel Ø38-30, L = 45 cm dan Tie bars Ø16-60, L = 70 cm. Sementara hasil tebal perencanaan lentur yang didapat yaitu 40 mm untuk AC-WC, 60 mm untuk AC-BC, 125 mm untuk AC Base, 150 mm untuk Cement Treated Base, dan 150 mm untuk lapis drainase. Hasil anggaran biaya yang dibutuhkan untuk perencanaan perkerasan kaku yaitu sebesar Rp 31.658.413.000,00 sementara untuk perkerasan lentur yaitu sebesar Rp 23.164.262.000,00. Dari kedua hasil perencanaan tersebut, perkerasan kaku lebih cocok dikarenakan untuk distribusi beban lalu lintas berat akses kawasan industri.

Keywords


Perkerasan kaku, perkerasan lentur, rencana anggaran biaya, MDPJ 2017

Full Text:

PDF

References


Dinas Bina Marga dan Cipta Karya. (2021).

Harga Satuan Pekerjaan

Konstruksi Harga Satuan Dasar

Bahan Bangunan dan Upah (1 ed.).

Direktorat Jenderal Bina Marga. (2017).

Manual Desain Perkerasan Jalan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan

Perumahan Rakyat.

Maharani, A., & Wasono, S. B. (2018).

Perbandingan Perkerasan Kaku

Dan Perkerasan Lentur” (Studi

Kasus Ruas Jalan Raya Pantai Prigi

– Popoh Kab. Tulungagung). GeSTRAM: Jurnal Perencanaan dan

Rekayasa Sipil, 1(2), 89–94.

https://doi.org/10.25139/jprs.v1i2.1

Nurahmi, O., & Kartika, A. A. G. (2012).

Perbandingan Konstruksi

Perkerasan Lentur dan Perkerasan

Kaku serta Analisis Ekonominya

pada Proyek Pembangunan Jalan

Lingkar Mojoagung. 1, 6.

Pd T-14-2003. (2003). Perencanaan

Perkerasan Jalan beton Semen.

Department Permukiman dan

Prasana Wilayah.

Wahidaturrohmah, K., Hasanuddin, A., &

Kriswardhana, W. (2019).

Pavement Design Thickness Of

Gempol – Pasuruan Toll Road Sta

+900 Until Sta 20+900 Using

Pavement Design Manual 2017.

Jurnal Rekayasa Sipil dan

Lingkungan, 3(1), 93.

https://doi.org/10.19184/jrsl.v3i1.1




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jts.v14i1.3060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


situs slot 4d