PENGARUH PERUBAHAN POROS ENGKOL DAN DIAMETER KATUP TERHADAP UNJUK KERJA SEPEDA MOTOR

Bambang Pratowo, Witoni Witoni, Robiansyah Robiansyah

Abstract


Mesin pembakaran dalam adalah mesin kalori yang mengubah energi kimia bahan bakar menjadi energi mekanik. Energi kimia dari bahan bakar yang bercampur dengan udara pertama-tama diubah menjadi energi panas melalui pembakaran atau oksidasi, sehingga temperatur dan tekanan gas di dalam silinder meningkat. Karena usia dan penggunaannya yang ekstensif, sepeda motor yang dibuat sebelum tahun 2005 mengalami penurunan performa mesin. Alhasil, sebagian pengguna kini menilai performa sepeda motor yang diproduksi sebelum tahun 2005 kurang maksimal. Dengan ini dilakukan modifikasi agar meningkatkan unjuk kerja sepeda motor supaya bisa digunakan dalam kehidupan sehari – hari tanpa terkendala. Hasil penelitian perubahan poros engkol dan diameter katup pada sepeda motor dapat mempengaruhi daya (HP) dan torsi (N.m) pada sepeda motor Honda Gl 125. Adapun kenaikan daya dalam satuan HP naik sebesar 17,10 HP atau naik 83,8 %. Perubahan poros engkol dan diameter katup pada sepeda motor dapat mempengaruhi torsi (N.m) pada sepeda motor Honda Gl 125, adapun kenaikan torsi dalam satuan N.m naik sebesar 15,38 N,m atau naik 32,2 %. Perubahan poros engkol dan diameter katup pada sepeda motor dapat mempengaruhi kosumsi bahan bakar kilometer per Liter (km/L) pada sepeda motor honda Gl 125. Adapun kenaikan pemakain bahan bakar sebesar 0,011 km/L atau naik 23,1% dari mesin silinder tunggal. Artinya adanya penambahan pemakaian bahan bakar lebih banyak dari mesin Honda Gl 125.

Keywords


Motor Bakar, Poros Engkol, Katup, Daya, Torsi, Bahan Bakar

Full Text:

PDF

References


ArisMunandar, W. (2022). Motor Bakar

Torak. Bandung: ITB.

Berenschot, B. A. (1980). Motor

Bensin. jakarta: Erlangga.

Bensin. jakarta: Erlangga.

Kristo, I. P. (2015). Motor Bakar

Torak (teori dan aplikasinay).

yogyakarta: andi.

S.T, W. H. (2012). Motor Bensin Modern.

Jakarta: Rineka Cipta.

Wahyu Hidayat S.T, M. R. (2017).

Teknologi Baru Motor Bensin dan

Standar Euro. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information
  • Focus and Scope
  • Editorial Board
  • International Peer Review
  • Open Access Statement
  • Sponsorships
  • Contact Us
  • Google Scholar Most Cited Paper
  • Publication Ethics
  • Peer Review Policy
  • Review Guideline
  • Archiving
  • Author Guidelines
  • Online Submission
  • Author Fee / Article Publication Charge
  • Plagiarism Policy
  • Article withdrawal
  • For Readers
  • For Authors
  • Journal History

Jurnal Teknik Mesin (JTM)
p-ISSN: 2087-3832
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/JTM
Email: jurnalteknikmesin@ubl.ac.id
Published by: Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 26, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub