ANALISA VARIAN KAMPAS KOPLING TERHADAP PERFORMA PADA KENDARAAN RODA DUA

Kunarto Kunarto, Bambang Pratowo, Ridho Saganta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai varian kampas kopling terhadap pengaruh performa motor Yamaha Jupiter MX. Penelitian ini dilakukan di bengkel otomotif MVK Bandar Lampung dengam menggunakan alat Dynotest. Teknik pegumpulan data yang digunakan berupa dokumen hasil pengujian motor sebanyak  5 kali dengan alat dynotest. Objek penelitian ini adalah membandingkan varian kampas kopling standart, buatan 50%:50% dan buatan 70%:30%. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dimana peneliti melakukan pengamatan, pengambilan data dan melihat jenis varian kampas kopling yang mempengaruhi performa motor. Hasil penelitian menggunakan kampas kopling standard mendapatkan hasil maksimal daya 9.7 HP pada rpm 7511 dan torsi 10.27 N.m pada rpm 5245, kampas kopling buatan 50%:50% berbahan serbuk bambu dan serbuk batok kelapa mendapatkan hasil maksimal daya 9.6 HP pada rpm 7146 dan torsi 10.72 N.m pada rpm 3063. Sedangkan pada pengujian yang terakhir yaitu pada kampas kopling buatan 70%:30% berbahan serbuk bambu dan serbuk batok kelapa mendapatkan hasil daya 9.1 HP pada rpm 7559 dan torsi 9.63 N.m pada rpm 5731.

Keywords


daya, dynotest, kampas kopling, serbuk bambu, serbuk batok kelapa dan torsi

Full Text:

PDF

References


Shidiq, Nur Rahman Ash. 2019. Perbandingan Varian Kampas Kopling Dan Per Kopling Terhadap Performa Pada Motor Yamaha V-ixion. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Sofwan, Ahmad Agus. 2019. Pengaruh Pengunaan Kampas Kopling Racing Daytona Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor Honda Supra X 125. Semarang: Universitas Negri Semarang.

Ahaddin, Erdinanto Eko. 2016. Analisa Pengaruh Fraksi Massa Terhadap Sifat Akustik Dan Kekuatan Lentur Pada Pembuatan Komposit Polyurethane/Serat Bambu Betung Dengan Metode Hand Lay-Up Untuk Aplikasi Door Panel Mobil. Surabaya: Intitut Teknologi Sepuluh November.

Kurniadi, Dedi. 2018. Simulasi Kekuatan Mekanis Material Komposit Tempurung Kelapa Menggunakan Metode Elemen Hingga. Medan: Universitas Medan Area.

Wardana, Prisma Frendi. 2012. Pemanfaatan Serbuk Bambu Sebagai Alternatif Material Kampas Rem Non-Asbestos Sepeda Motor. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Chandra Adi, Asroni. 2015. Pengaruh Komposisi Resin Polyester Terhadap Kekuatan Bending Komposit Yang Diperkuat Serat Bambu Apus. Lampung: Universitas Muhammadiyah Metro.

Ahmadi, Qosim. 2014. Karakterisasi Mekanis Bahan Kampas Kopling (Cluth) Sepeda Motor Dengan Bahan Serat Kelapa, Arang Tempurung Kelapa, Serbuk Alumunium, Dan Resin Phenolic. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Arismunandar, Wiranto. 1988. Motor Bakar Torak. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Buntarto. 2016. Sistem Kopling Pada Sepeda Motor. Yogyakarta: Pustakabarupress.

Hermawanto, Ari. 2012. Pengaruh Variasi Bahan Terhadap Sifat Fisis Dan Mekanis Kopling Gesek Sepeda Motor Dengan Bahan Dasar Serat Bambu, Serat Penggergajian Baja, Serbuk Tembaga, Dan Resin Phenolic. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.


Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.