ANALISA PENGARUH BERBAGAI JARAK SUMBU POROS DAN UKURAN DIAMETER PULLEY TERHADAP KECEPATAN POTONG MESIN PENCACAH PLASTIK

Zein Muhamad, Ricky Mulyana

Abstract


Dalam pengoperasiannya, mesin membutuhkan sistem transmisi untuk menyalurkan daya sehingga mesin dapat menggerakan sesuatu yang diinginkan. Sistem transmisi umumnya dibagi menjadi dua yaitu sistem transmisi manual dan sistem transmisi otomatis. Salah satu peralatan  yang menggunakan transmisi otomatis adalah mesin pencacah limbah plastik. Mesin  digunakan untuk mencacah atau menghancurkan plastik. Mulai dari botol minuman, botol oli, botol jerigen, plastik lembaran, dan limbah-limbah plastik lainnya. Hasil cacahan plastik dapat digunakan para pengusaha sebagai bahan daur ulang plastik yang banyak dibutuhkan oleh pabrik daur ulang plastic. Dalam kerjanya mesin ini  memerlukan torsi guna memotong material plastik namun tetap mempertimbangkan kecepatan putaran agar efisiensi  terhadap kecepatan potongnya dapat mencapai nilai yang optimal.

Dari hasil Analisa diperoleh bahwa semakin efisien alat dalam mencacah material plastik maka kecepatan produksinya akan semakin menurun. Hal ini disebabkan karena faktor yang berpengaruh terhadap efisiensi adalah besarnya diameter pulley, sehingga semakin besar diameter pulley maka kecepatan putarannya akan menurun. Putaran yang menurun ini berdampak pada kapasitas produksi yang dihasilkan. Dengan spesifikasi transmisi primer diperoleh pulley pada motor listrik sebesar 5 inchi, pulley pada input gearbox sebesar 5 inchi; dan pada transmisi sekundernya pulley pada output gearbox sebesar 5 inchi, dan pulley pada poros mata pisau sebesar 5 inchi akan memberikan nilai efisien yang optimal yakni 86,4 % dengan kapasitas produksinya sebesar 0,83 kg/jam.


Keywords


diameter pulley, kecepatan putaran, jarak poros, kapasitas produksi.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Wahyu Krishadiatno. Pencacah Sistem Transmisi Mesin Pencacah Tebon Jagung Berkapasitas 200 Kg/Jam. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember. 2015.

Bahrul Ilmi. Analisa Design mesin Pencacah Plastik Dengan Pisau Pemotong Lurus Dan Berpengerak Tangan Palembang: Universitas IBA. 2018. Firmansyah Burlian, Irsyadi Yani, dkk. Rancang Bangun Alat Penghancur Sampah Botol Plastik Kapasitas ±33 Kg/Jam. Palembang: Universitas Sriwijaya. 2019.

Handyman Jeremia Siregar. Pengaruh Ukuran Diameter Pulley Terhadap Hasil Irisan Alat Pengiris Tempe. Medan: Universitas Sumatra Utara. 2019.

I Nyoman Bagia, I Made Parsa. Motor – Motor Listrik. Kupang: CV. Rasi Terbit. 2018.

Ismail Subhidin, Eddy Djatmiko, Eka Maulana. Perancangan Mesin Pencacah Plastik Kapasitas 75 Kg/Jam. Jakarta Selatan: Universitas Pancasila. 2020.

Muhammad Nugraha Teguh Santoso, Diah Wulandari. Analisa Variasi Kecepatan Output RPM Yang Dihasilkan Dari Sistem Penggerak Terhadap Kapasitas Hasil Perasan Pada Mesin Pemeras Kelapa Parut. Surabaya: Universitas Negri Surabaya. 2020.

Rifqi Hanif Muti. Analisa Kerusakan Pada Gearbox Hoist Crane No.2 Di MV. Sri Wandari Indah. Semarang: Politeknik Ilmu Pelayaran. 2020.

Riski Dwi Saputro, Perencanaan Transmisi Modifikasi Mesin Pencacah Limbah Plastik Otomatis. Malang: Institut Teknologi Malang. 2018

Robert Napitupulu, M. Subkhan, Lestary Dwi Nita. Rancang Bangun Mesin Pencacah Sampah Plastik, Bangka Belitung: Politeknik Manufaktur Negri Bangka Belitung. 2011.

R.S. Khurmi, J.K. Gupta. Machine Design. New Delhi: Eurasia Publishing House (PVT.) LTD. 2005.

Sularso, Kiyokatsu Suga. Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin. Bandung: PT. Pradnya Paramita Cetakan Ke Sebelas, 2018.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.