PENGGUNAAN SERAT PELEPAH POHON PISANG SEBAGAI BAHAN ALTERNATIF DALAM PEMBUATAN KAMPAS REM TROMOL SEPEDA MOTOR (NON ASBES)

Anggit Prayoga

Abstract


Kampas Rem Merupakan Komponen penting pada kendaraan bermotor sebagai aspek keamanan berkendara yang berfungsi sebagai memeperlambat laju kendaraan ketika pengendara melaju dengan kecepatan tinggi.Peneliti akan melakukan pengujian menggunakan bahan serat pelepah pohon pisang sebagai pengganti bahan pembuatan kampas rem yang menggunakan asbes, dengan dicampur bahan pengisi lainnya sesuai dengan komposisi yang telah ditentukan yaitu grafhite, barite, kuningan, calcium carbonat, dan resin epoxy. Pembuatan kampas rem dilakukan dengan mencampurkan semua bahan yang telah ditentukan secara merata yang selanjutnya ditekan dengan beban 1 ton selama 30 menit, kemudian dioven dengan suhu   C selama 10 menit. Setelah spesimen jadi kemudian diuji gesek dengan beban 2 kg selama 3 menit, agar di peroleh tingkat keasusan kampas dan masa waktu pakai kampas rem. Setelah di lakukan pengujian maka di dapatlah hasil dari pengujian yang dilakukan.Bahwa kampas rem dengan menggunakan serat pelepah pohon pisang layak di gunakan karena memiliki tingkat keausan 2,05 x      gram/   .detik. dimana mendekati dengan keausan yang dimiliki kampas rem pabrikan yaitu 1,64 x   gram/  .detik.


Keywords


kampas rem, rem tromol, keausan, pohon pisang

Full Text:

PDF

References


Sularso, 1997, Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin. Pradny paramita, Jakarta Brake Rpm, PT. Remindo Prima Mitra.

Artikel bahan bahan utama kampas rem http://rpmbrake.com/articles/kampas-rem- asbestos-vs-non-asbestos

Satrio Kurnia, Sistem rem tromol. https://satriokurnia.wordpress.com/2 013/05/07/sistem-rem-teromolrem- tromol-adalah-salah-satu-konstruksi/

Industri Pisang Sumbang Pendapatan Daerah Lampung https://id.wikipedia.org/wiki/Produksi_pisan g_di_Indonesia http://tabloidsinartani.com/content/read/indu stri-pisang-sumbang-pendapatan-daerah- lampung/

Jones, R, M, 1999. Mechanics Of Composite Material. University Blacksburg, Virginia

Sulistiijono, 2004. Material Komposit, Jurusan Teknik dan Metalurgi ITS, Surabay

Steven, M,P.2001. Kimia Polimer, diterjemahkan oleh Sopyan, I. Pradnya Paramita, Jakarta

waskito, A.T, dan haroen, W.K. 2008, Peningkatan Standar Kamvas Rem Kendaraan Berbahan Baku Asbestos dan Non Asbestos (Celulose) Untuk Keamanan.

Ma, Y., Martynkova, G.S., Valaskova, M., Matejka, V., Li,Yafei, 2008, Effects of ZrSiO4 in Non-Metallic Brake Friction Materials on Friction Performance Ostrava-poruba, Czech republic

Gibson, R.F., 1994, Principle of Composite Material Mechanics, Wayne State University Detroit, Michigan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information
  • Focus and Scope
  • Editorial Board
  • International Peer Review
  • Open Access Statement
  • Sponsorships
  • Contact Us
  • Google Scholar Most Cited Paper
  • Publication Ethics
  • Peer Review Policy
  • Review Guideline
  • Archiving
  • Author Guidelines
  • Online Submission
  • Author Fee / Article Publication Charge
  • Plagiarism Policy
  • Article withdrawal
  • For Readers
  • For Authors
  • Journal History

Jurnal Teknik Mesin (JTM)
p-ISSN: 2087-3832
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/JTM
Email: jurnalteknikmesin@ubl.ac.id
Published by: Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 26, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub