Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Motor Merk Mio J CW FI pada PT. Bahana Pagar Alam di Bandar Lampung.

H. Achmad Subing, Ferdian Dwi Saputra

Abstract


PT. Bahana Pagar alam di Bandar Lampung merupakan perusahaan milik swasta, yang telah lama beroperasi di Bandar Lampung. Perusahaan ini menghasilkan beraneka produk motor merk Yamaha dengan kualitas yang baik. Masalah yang dihadapi perusahaan adalah dengan mengalami penurunan volume penjualan pada bulan oktober sampai  bulan desember 2012, Strategi yang dipakai juga kurang tepat untuk menghadapi pesaing. Maka permasalahan yang dirumuskan adalah “Apakah menurunnya volume penjualan produk Yamaha Mio J CW FI disebabkan oleh strategi pemasaran yang kurang tepat?. Aadapun Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa strategi pemasaran yang dapat meningkat-kan volumei penjualan produk Yamaha Mio J CW FI di PT. Bahana Pagar Alam.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Reseach), penelitian lapangan (Field Reseach), melalui cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif yaitu dengan meng-gunakan analisis SWOT dan posisi pangsa pasar. Dari hasil pembahasan berdasarkan analisis SWOT, PT. Bahana Pagar Alam di Bandar Lampung memiliki keunggulan dari segi harga dan potongan penjualan ini membuat perusahaan memiliki peluang untuk menaikkan harga dilihat dari produk yang dihasilkan mempunyai kualitas yang sama dengan pesaing. Kelemahan terbesar perusahaan adalah dari segi kurangnya karyawan dan tidak ada bonus untuk karyawan. Berdasarkan analisis posisi pangsa pasar diperoleh nilai tingkat pertumbuhan pasar sebesar 18% sedangkan untuk perhitungan pangsa pasar diperoleh nilai sebesar 1.10. Hal ini menunjukkan bahwa PT. Bahana Pagar Alam berada pada Kuadran II, yaitu Daerah Bintang (Stars) yang memiliki pangsa pasar relatif tinggi dan rata-rata pertumbuhan pasar yang tinggi. Organisasi sebaiknya memanfaatkan kesempatan untuk tumbuh dan menghasilkan laba yang tinggi. Strategi yang cocok untuk posisi tersebut adalah integrasi ke depan. Disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan PT. Bahana Pagar alam dalam analisis SWOT yang paling dominan adalah strategi SO dan WO.

PT. Bahana Pagar alam is a privately owned company in Bandar Lampung which has operated for a long time in Bandar Lampung. The company sells a variety of brand Yamaha motor products with good quality. Problems faced by the company is there’s a decrease of sales volume in October to December of 2012, the adopted strategy also wasn’t suitable to face the competitors. Then the defined problem is "Is the decrease in sales volume of Yamaha Mio J CW FI caused by the lack of proper marketing strategy ?. The purpose of this study was to analyze the marketing strategy to increase sales volume of Yamaha Mio J CW FI in PT. Bahana Pagar Alam. The method used in this research are research library, field research, through observation, interviews and documentation. The analytical tool used is qualitative analysis by using SWOT analysis and market share position. From the discussion based on SWOT analysis, PT. Bahana Pagar alam in Bandar Lampung has an advantage in terms of price and sales discounts, this makes the company have a opportunity to raise prices, it can be seen from the products that have the same quality with competitors. The biggest weakness of the company is in terms of the lack of employees and no bonuses for employees. Based on the analysis of market share position obtained market value growth rate of 18% whereas for the calculation of market share obtained a value of 1:10. This indicates that PT. Bahana Pagar Alam is located in Quadrant II, namely the Regional Stars) which has a relatively high market share and average market growth is high. Organizations should take advantage of the opportunity to grow and generate high profits. Strategy that is suitable for this position is forward integration. It was concluded that the most dominant marketing strategy of PT. Bahana pagar alam in SWOT analysis are WO SO strategy.


Keywords


Strategi Pemasaran; Analisis SWOT; Pertumbuhan Pasar; Pangsa Pasar; Marketing Strategy; SWOT Analysis; Market Growth; Market Share.

Full Text:

PDF

References


Assuari, Sofjan. 2000. Manajemen Pe-masaran, Dasar, Konsep dan Strategi, Cetakan Keenam, pe-nerbit, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

David, Fred.R. 2006. Manajemen Strategis, Konsep. Edisi Sepuluh. Jakarta: PT. Salemba Empat.

Hasibuan, S.P. Malayu. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Bumi Aksara: Jakarta.

Hennig-Thurau, dan Hansen. 2000. Relationship Marketing: Gaining Competitive Advantage Through Customer Satisfaction and Customer Retention. Germany: Springer.

Hunger, J.D. dan Wheelen, T.L. 2012. Strategic Management and Bussiness Policy: Toward Global Sustainability (13th Edition). New York: Pearson.

Internet.http://tugasmagic.wordpress.com/category/manajemen-strategik/ penger-tian manajemen- strategik-mana-jemen-strategik/ dikutip pada tanggal 20 april 2013 jam 20.17. WIB).

Internet.http://tugasmagic.wordpress.com/category/manajemen-strategik/ penger-tian-manajemen-strategik-mana-jemen-strategik/ dikutip pada tanggal 20 april 2013 jam 20.23 WIB).

Kotler, Philip. 1991. Manajemen Pemasar-an, Analisis, Perencanaan dan Pengendalian. Jilid I dan jilid 6. Diterjemahkan oleh Jaka Wasana. Jakarta: Penerbit PT. Prenhalindo.

Kotler, Philip. 1998. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implemen-tasi dan Pengendalian, (Alih bahasa : Hendro Teguh, dan Ronny A. Rusli) Jilid 2, Jakarta: Prenhalindo.

Kotler, Philip, dan Gary Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi kedelapan, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Purwanto, Iwan. 2008. Manajemen Stra-tegi, Bandung: PT. Yrama Widya.

Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Siagian, Sondang P. 1999. Manajemen Stratejik, Bandung : PT Bumi Aksara.

Siagian, Sondang P. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Simamora, Henry. 2000. Manajemen Pemasaran Internasional 1. Jakarta : PT Salemba Empat.

Siswanto. Bedjo. 1998. Manajemen Pe-masaran Modern, Bandung : PT Bumi Aksara.

Swastha, Basu dan Irawan. 1999. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi 2,Yogyakarta : Liberty.

Supariyani, Emmy. 2004. Pengaruh Biaya Pelaksanaan Promosi Melalui Pameran terhadapa Tingkat Volume Penjualan pada PT Astra Internasional Tbk Isuzu Cabang Bogor, Jurnal Ilmiah Rangga gading Vol. 4, No. 1, April 2004: 69-74.

Terry, R. George. 2003. Prinsip-prinsip Manajemen, PT. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmb.v4i2.712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Saat ini Terindeks:

Penerbit Jurnal:Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub