Pengaruh Harga Jual Kamar terhadap Nilai Penjualan pada Hotel Sahid Di Bandar Lampung

Sri Rahayu

Abstract


Sahid Hotel in Bandar Lampung is a three star hotel that support the development of business and the national tourism industry. The problem is the Room Sales Price has increase every years but the sales volume fluctuate not according to the increase of room price. The purpose of this study to determine how the influence of Selling Price to Sales Volume at Sahid Hotel in Bandar Lampung. The hypothesis is: Room Price in effect on the Sales Volume at Hotel Sahid Bandar Lampung. Analysis tool used is the Simple Linear Regression to determine the influence of Selling Price of Sales Volume and t- test to test the hypothesis.Calculation process performed by SPSS. Based on analytical results obtained by the equation: for Moderate Rooms Y1 = 3,438.000,000 + 2,911,002 X1, for the Superior Room Sea View Y2= 1,789,000,000 + 2,425,950 X2, and Deluxe Y3 = 1,420,000,000 + 1,597,900 X3. The results of the t-test with a significance level of 95% and dk = 8 is obtained: for Moderate rooms thitung 3.896> 1.860 ttable, Superior Room Sea View thitung 6.342> 1.860 ttable, and Deluxe thitung 7.336> 1.860 ttable. For all types of rooms thitung> ttable meaningful influence on Room Price Value Sales. It can be concluded that the Selling Price Room significant effect on the Sales Volume at Sahid Hotel Bandar Lampung is unacceptable. Of the three types of rooms that contributed the most impact is followed by a Deluxe Room Superior Room Sea View and Moderate. Thus to increase the value of Sales Price not have to raise every year, but if it should raise it should be offset by an increase in services and facilities.

Hotel Sahid di Bandar Lampung merupakan hotel bintang tiga yang turut mendukung perkembangan industri bisnis dan pariwisata nasional. Masalah yang dihadapi adalah Harga Jual Kamar mengalami kenaikan setiap tahunnya tapi Nilai Penjualan berfluktuasi tidak seiring dengan kenaikan harga kamar. Permasalahannya adalah: Bagaimana pengaruh Harga Jual kamar terhadap Nilai Penjualan pada Hotel Sahid di Bandar Lampung? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh Harga Jual Kamar terhadap Nilai Penjualan pada Hotel Sahid di Bandar Lampung. Hipotesis yang diajukan adalah: Harga Jual Kamar berpengaruh terhadap Nilai Penjualan pada Hotel Sahid di Bandar Lampung. Alat analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Sederhana untuk mengetahui pengaruh Harga Jual Kamar terhadap Nilai Penjualan Kamar dan Uji-t untuk menguji hipotesis. Proses perhitungan dilakukan dengan SPSS. Berdasarkan hasil analisis diperoleh persamaan: untuk Kamar Moderate Y1 = 3.438.000.000 + 2.911.002 X1, untuk Kamar Superior Sea View Y2= 1.789.000.000 + 2.425.950 X2, dan Kamar Deluxe Y3 = 1.420.000.000 + 1.597.900 X3. Hasil uji-t dengan tingkat signifikansi 95% dan dk = 8 diperoleh: untuk kamar Moderate thitung 3,896 > ttabel 1,860, kamar Superior Sea View thitung 6,342 > ttabel 1,860, dan Kamar Deluxe thitung 7,336 > ttabel 1,860. Untuk semua tipe kamar thitung > ttabel berarti Harga Jual Kamar berpengaruh terhadap Nilai Penjualan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan bahwa Harga Jual Kamar berpengaruh signifikan terhadap Nilai Penjualan pada Hotel Sahid di Bandar Lampung dapat diterima. Dari ketiga tipe kamar yang memberikan kontribusi pengaruh paling besar adalah kamar Deluxe diikuti oleh kamar Superior Sea View dan Moderate. Dengan demikian untuk meningkatkan Nilai Penjualan tidak harus menaikkan Harga Jual setiap tahun, namun jika harus menaikkan maka harus diimbangi dengan peningkatan pelayanan dan fasilitas.

 

Keywords


Sales Price; Marketing Strategy; Sales Value. Harga Jual; Strategi Pemasaran; Nilai Penjualan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Pene-litian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Adicelular.2011.Pengaruh bauran promosi terhadap nilai penjualan (online), (http://adicelular.wordpress.com, diakses 15 september 2011).

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasar-an, Analisis, Perencanaan, Impli-mentasi, dan Kontrol. Jilid 1 dan 2 Alih bahasa Hendra Teguh dan Ronny A. Rusli.

Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasa-ran. Alih Bahasa Benyamin Molan, Jilid 2. Jakarta: Prehalindo

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani. A. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Nitisemito, Alex S. 1991. Marketing. Bandung: Tarsito.

Simamora, Bilson.2001. Memenangkan Pasar. Jakarta: Penerbit GM.

Supranto, J. MA.1997. Metode Riset dan Aplikasinya Dalam Pemasaran. Jakarta : FE-UI.

Swasta, Basu dan Irawan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty.

Rahayu, Sri. 2011. Pengaruh Harga Jual Kamar terhadap Nilai Penjualan pada Hotel Sahid Di Bandar Lampung. Universitas Bandar Lampung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.