Fenomena Terbentuknya Ruang Spatio-Temporal Di Kawasan Stadion Pahoman Bandarlampung

M. Shubhi Yuda Wibawa

Abstract


Aktivitas masyarakat Kota Bandarlampung yang semakin variatif membentuk hadirnya ruang-ruang publik yang tidak terencana. Ruang publik yang terbentuk hadir pada waktu-waktu tertentu. Dalam hal ini, ruang dan waktu mempunyai keterikatan yang kuat dalam kehidupan masyarakat perkotaan dan kebutuhan akan ruang publik. Dimensi waktu dalam konteks perancangan urban diistilahkan dengan “temporal”, sedangkan ruang yang dapat berfungsi mewadahi transformasi aktivitas sesuai dengan transformasi waktu disebut ruang “spatio-temporal”. Ruang spatio-temporal ini terlihat hadir di Kawasan Stadion Pahoman, Bandarlampung di mana kawasan ini mempunyai fungsi yang beragam sesuai dengan pergantian waktunya. Dengan menggunakan metoda fenomenologi, penelitian ini akan menganalisis ruang dan aktivitas apa saja yang terbentuk di kawasan Stadion Pahoman, dari pagi hingga malam dan dari Senin sampai Minggu. Hasil dari riset ini dapat digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan kawasan Stadion Pahoman di masa mendatang.


Keywords


aktivitas masyarakat kota Bandarlampung, ruang spatio-temporal

Full Text:

PDF

References


Broadbent, G. (1990). Emerging Concepts in Urban Space Design. New York: Van Nostrand Reinhold Company.

Carr, S., Francis, M., Rivlin, L., Stone, A. (1992). Public Space. United States of America: Cambridge University Press.

Carmona, M., Heath, T., Oc, T., Tiesdell, S. (2003). Public Places – Urban Spaces: The Dimensions of Urban Design. Great Britain: Architectural Press.

Dovey, K. (1999). Framing Places, Mediating power in built form. London: Routledge.

Jiang, Shan. Ferreira, Joseph. Gonzales, Marta C. (2012). Discovering urban spatial-temporal structure from human activity patterns. Association for Computing Machinery (ACM)

Krier, R. (1979). Urban Space, London: Academy Editions. Madanipour, A. (1996). Design of Urban Space, An Inquiry into a Socio-spatial Process. Newcastle: University of Newcastle.

Project for Public Space (PPS). (2001). How to Turn a Place Around: A Handbook for Creating Successful Public Spaces, New York: Project for Public Spaces, Inc.

Trancik, R. (1986). Finding Lost Space. New York: Van Nostrand Reinhold Company.

http://lib.uin-malang.ac.id/thesis/chapter_iii/07110058-labudda-mh.ps




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jaubl.v9i2.1259

JURNAL ARSITEKTUR saat ini terindeks:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License