Teknik Steganografi untuk Penyembunyian Pesan Teks Menggunakan Algoritma End Of File

Dedi Darwis, Kisworo KISWORO

Abstract


Pengiriman pesan untuk menyampaikan informasi sering dilakukan oleh banyak manusia dalam kemajuan teknologi saat ini. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk menghindari terjadinya pencurian maupun sabotase informasi pesan yang dilakukan antara dua belah pihak dan tidak terbaca oleh orang yang tidak diinginkan.  Kemudian dalam penelitian ini menggunakan teknik steganografi End Of File yang dimana pesan rahasia akan disisipkan pada media citra digital berformat JPG. Namun menyisipkan pada akhir suatu file citra tersebut. Hasil dari penelitian ini akan menghasilkan stego image yang tidak berubah secara signifikan serta proses pengambilan pesan yang relative cepat sehingga menjadikan alternatif pengiriman pesan agar terhindar dari pencurian dan sabotase.

Keywords


Steganografi; JPG; Stego Image; Cover Image; EOF.

Full Text:

PDF

References


Ariyus, Dony, 2008. Pengantar Ilmu Kriptografi Teori, Analisis, dan Implementasi. Andi Offset, Yogyakarta.

Darwis, Dedi., 2015., Implementasi Steganografi pada Berkas Audio Wav untuk Penyisipan Pesan Gambar Menggunakan Metode Low Bit Coding., Program Studi Magister Ilmu Komputer Universitas Budi Luhur Jakarta. Jurnal Expert. ISSN : 2088-5555

Iswahyudi, C., Setyaningsih, E., 2012. Pengamanan Kunci Enkripsi Citra Pada Algoritma Super Enkripsi Menggunakan Metode End Of File. Jurnal Prosiding Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) Periode III.

Krisnawati, 2008. Metode Least Significant Bit (LSB) dan End Of File (EOF) untuk Menyisipkan Teks Ke Dalam Citra Grayscale. Jurnal UPN “Veteran” Yogyakarta.

Sembiring, S., 2013. Perancangan Aplikasi Steganografi Untuk Menyisipkan Pesan Teks Pada Gambar Dengan Metode End Of File. Jurnal Pelita Informatika Budi Darma, volume : iv, nomor:2.

Sukrisno & Utami, E., 2007. Implementasi Steganografi Teknik End Of File Dengan Gabungan Enkripsi Rijndael, Shift Cipher dan Fungsi Hash MD5. Jurnal Seminar Nasional Teknology.

Wasino & Rahayu., 2012. Implementasi Steganografi Teknik End Of File Dengan Enkripsi Rijndael. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENTIKA). ISSN : 2089-9815.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v8i2.950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub