https://socius.unesa.ac.id/css/
Perancangan Program Pembuatan Ijazah Dan Data Alumni Mahasiswa Pascasarjana Program Studi Magister Manajemen Universitas Bandar Lampung | Nursyanti | Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)

Perancangan Program Pembuatan Ijazah Dan Data Alumni Mahasiswa Pascasarjana Program Studi Magister Manajemen Universitas Bandar Lampung

Reni Nursyanti

Abstract


Universitas Bandar Lampung adalah sebuah istansi yang berada di dalam naungan Yayasan Administrasi Lampung dan bergerak didalam dunia pendidikan. Berkembangnya teknologi tentunya harus dibarengi dengan Sumber Daya Manusia yang mampu mengelolanya. Dengan mengikuti perkembangan tersebut Universitas Bandar Lampung yang selama ini menyelenggarakan pendidikan Strata 1 (S1) terus mengembangkan mutu pendidikannya dengan menyelenggarakan pendidikan Pascasarjana (S2) berdasarkan SK Dikti 225/DIKTI/KEP/1997 tanggal 1 Agustus 1997.
Pascasarjana Program Studi Magister Manajemen Universitas Bandar Lampung, adalah salah satu instansi yang terdapat dalam ruang lingkup Universitas Bandar Lampung. Walaupun berada dalam ruang lingkup Universitas Bandar Lampung, namun instansi ini diberikan kewenangan dalam mengatur pelegalisasian pembuatan Ijazah dan data alumni mahasiswa Pascasarjana Program Studi Magister Manajemen Universitas Bandar Lampung belum menggunakan software yang dirancang khusus. Selama ini pembuatan Ijazah tersebut dengan menggunakan fasilitas mail merge Microsoft Office dari MS Word dan data dari MS Excel sedangkan untuk data alumni belum ada sehingga cukup sulit jika dikemudian hari diperlukan informasi mengenai status mahasiswa apakah sudah lulus atau belum. Oleh sebab itu masih terdapat kekurangan terutama pada penambahan data alumni dan kesalahan dalam pembuatan Ijazah karena input data yang tidak sistematis. Peneliti mencoba membuat rancangan pemrograman tentang Pembuatan Ijazah dan Data Alumni Mahasiswa Pascasarjana Program Studi Magister Manajemen Universitas Bandar Lampung.

Keywords


Ijazah, Alumni, Borland Delphi, Pemograman

Full Text:

PDF

References


Anonim, 1998, Analisa dan Perancangan Sistem Informasi. Penerbit Bina Nusantara, Jakarta.

Jogianto. HM., 1999, Analisa dan Desain Sistem Informasi. Penerbit Andi Yogyakarta, Yogyakarta.

Kadir. Abdul, 1998, Konsep dan Tuntunan Praktis Basis Data. Penerbit Andi Yogyakarta, Yogyakarta.

Madcoms, 2002Pemrograman Borland Delphi 6. Penerbit Andi Yogyakarta, Yogyakarta.

Tim Prima Pena, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Gita Media Press, 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v3i2.504

Article Metrics

Abstract view : 89 times
PDF - 173 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub