https://socius.unesa.ac.id/css/
Kajian Penerimaan Pembelajaran Membaca Anak Usia Dini Berdasarkan Konsep Technology Acceptance Model | Aprilinda | Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)

Kajian Penerimaan Pembelajaran Membaca Anak Usia Dini Berdasarkan Konsep Technology Acceptance Model

Yuthsi Aprilinda

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai penerimaan Software Education Cara Membaca yang dapat dideteksi dari persepsi dan perilaku pengguna dalam penggunaannya di Sekolah Pendidikan Usia Dini (PAUD) seperti Taman Kanak-Kanak, Play Group (Kelompok Bermain). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi diterima dengan baik atau tidaknya Software Education Cara Membaca oleh anak usia dini. Juga ingin dikelahui hubungan antara faktor faktor yang mempengaruhi penerimaan Software Education tersebut. Model yang digunakan untuk mengetahui penerimaan Raharja Multimedia Edutainment ini adalah model TAM (Technology Acceptance Model). Secara terinci model TAM menjelaskan penerimaan TI dengan dimensi-dimensi tertentu yang dapat mempengaruhi penerimaan teknologi oleh pengguna. Model ini menempatkan faktor sikap dan tiap-tiap perilaku pengguna dengan menggunakan dua variabel utama yaitu kemanfaatan (usefulness) dan kemudahan penggunaan (easy of use). Diduga penerimaan Software Education Cara Membaca ini juga dipengaruhi oleh faktor lain antara lain : Attitude Toward Using (ATU) atau sikap untuk menggunakan, Intention to Use (ITU) atau niat untuk menggunakan terhadap produk/servis dan Actual System Usage (ASU) alau perilaku penggunaan.

Keywords


TAM, usefulness, easy of use, PAUD

Full Text:

PDF

References


Arief Wibowo, "Kajian Penerapan Sistem Infonnasi Layanan Akademik Berbasis Web Berdasarkan Pendekatan TAM: Studi Kasus di Perguruan tinggi Budi Luhur", Tesis, Perguruan tinggi Budi Luhur, Jakarta, 2006.

Imam Ghozali, "Structural Equation Model, Teori, Konsep dan Aplikasi dengan progran Lisrel 8.54" Penerbit Undip, Semarang, 2004.

Haavelmo, T., The Probability Approach in Econometrica.

Econometrica, 1944.

Hair, J. F.. Multivariat Data Analys, New Jersey, Prentice Hall, 1998

Iqbaria M., An Examination of the Factor Contributing to Micro Computer Technology Acceptance, Journal of Information System, Elsiever Ecience, USA, 1994.

Jogiyanto, Analisis dan Desain Sistem Informasi. Andi Yogyakarta .2005.

Joreskog, K. G., Non-Linear Structural Equation Models: The Kenny Judd Model eith Interaction Effects. In G.A. Marcoulides dan R.E., Schmaker (Eds). Advanced Structural Equation Modeling. Mhwah. NJ: Erlbaum, 1973

Yogesh Malhotra & Dennis F. Galetta, "Extending The Technology Acceptance Model to Account for Social Influence", 1999

Mc Leod, Jr, Raymond, "Sistem Informasi Manajemen", Jilid 1, Edisi ke 7. PT Prenhallindo, 2001

Elisabet Milchramn, Modelling the Acceptance of Information Technology", http://www.inforum.cz/inforum2003 (retrieved 21 Februari 2006)

Fahmi Natigor Nasution, "Teknologi Informasi Berdasarkan Aspek Perilaku (Behavior Aspect)", USU Digital Library, 2004, http://library.us.ac.id (retrieved 16 Januari 2006)

Nurlia, Kajian Penggunaan Software AMOS/LISREL Berdasarkan Pendekatan TAM Studi Kasus : Penggunaan Software Pada Pemodelan Persamaan Struktural di Perguruan Tinggi", Tesis, Perguruan Tinggi Budi Luhur, Jakarta, 2006.

Nur Indriantoro, Pengaruh Computer Anxiety Terhadap Keahlian Dosen Dalam Penggunaan Komputer, Jurnal Akuntansi dan Auditing (JAAI) Vol.3 No.1 FE UII, Yogyakarta, 2000.

James A O'Brien, "Introduction to Information System". Eleventh Edition, McGraw Hill, 2003.

Syam Fazli, Dampak Kompleksitas Teknologi Informasi bagi Strategi dan Kelangsungan Usaha, Jurnal Akuntansi dan Auditing (JAAI) Vol.3 No.1, FE UII, Yogyakarta, 1999.

AMOS 5.0, http://smallwaters.com. 2006. Trisnawati, Rina, Pertimbangan Perilaku dan Faktor Penentu Keberhasilan Pengembangan Sistem Informasi, Jurnal Kajian Bisnis, Yogyakarta, 1998.

Widodo, Prabowo, P., Statistika : Analisis Multivariat. Seri Metode Kuantitatif. Perguruan Tinggi Budi Luhur, Jakarta. 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v1i1.338

Article Metrics

Abstract view : 67 times
PDF - 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub