Pengembangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web (Studi Kasus : MI Bani Hasyim Desa Lengkong Kecamatan Cerme)

Bagus Firmansyah, Umi Chotijah

Abstract


Sistem penerimaan siswa baru di sekolah dasar, contohnya MI Bani Hasyim masih dilakukan secara manual, di mana calon siswa dan wali siswa harus datang langsung ke MI Bani Hasyim untuk mengisi formulir pendaftaran. Melalui sistem ini, proses penerimaan siswa belum efektif dan efisien karena memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, dengan sistem penerimaan siswa di MI Bani Hasyim yang masih manual ini mengakibatkan jumlah target siswa baru yang telah ditetapkan belum dapat dicapai. Dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk  membuat sistem informasi pendaftaran siswa baru berbasis web. Sistem PSB yang baru memiliki kemampuan untuk mengisi formulir pendaftaran, upload data pendukung seperti foto calon siswa, akta kelahiran, dan kartu keluarga, lalu admin dapat validasi data dan file calon peserta untuk menilai bahwa pendaftar sudah memenuhi syarat pendaftaran atau belum, dan cetak formulir untuk daftar ulang. Pengembangan sistem mengikuti metode waterfall. Penulis menggunakan PHP dan MySQL. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi pendaftaran baru berbasis web yang diharapkan akan memberi kemudahan bagi stakeholder yang terlibat dalam penerimaan calon siswa baru seperti orang tua calon siswa, panitia penerimaan siswa baru dan yang lainnya.


Keywords


Sistem Informasi; Penerimaan Siswa Baru; Waterfall; Sekolah Dasar; MI Bani Hasyim

Full Text:

PDF

References


Syafril, & Zen, Z. (2017). Dasar-dasar ilmu pendidikan. depok: kencana.

Syamsu, & Nani. (2011). Perkembangan peserta didik. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Soedijarto. (2000). Metode Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka.

R. Amin, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Pada Smk Budhi Warman 1 Jakarta”, jitk, vol. 2, no. 2, pp. 113-121, Feb. 2017.

C. Suhendar, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web”, Jurnal Algoritma, vol. 12, no. 2, pp. 588-595, Apr. 2016.

Pressman, R. S. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak pendekatan praktisi. Jogyakarta: Andi Offset.

A. Lukito and A. Sadikin , “Analisis Dan Perancangan Aplikasi Penjualan Pada,” J. Ilm. Media Process., vol. 10, no. 2, pp. 476-483, 2015.

G. W. Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” vol. 2, no. 1, pp. 6-12, 2017.

Jamalia. (2021). Aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Berbasis Web Pada Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar.

Sarwindah. (2018). Sistem Pendaftaran Siswa Baru Pada SMP N 1 Kelapa Berbasis Web.

H. I. T. Simamora, “Pengembangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru SMA YAPIM Medan”, jsi, vol. 14, no. 2, pp. 150-160, Aug. 2020.

Fridayanthie, Eka Wida., Mahdiati, Tias., 2016, “Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan ATK Berbasis Intranet (Studi Kasus Kejaksaan Negri Rangkasbitung)”, Jurnal Khatulistiwa Informatika Volume IV No 2. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khatulistiwa/article/view/1264/1029

N. A. Ramdhan and D. Wahyudi, “Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Berbasis WEB Di SMP Negri 1 Wanasari Brebes”, j.ilm.intech, vol. 1, no. 01, pp. 56–65, Jul. 2019.

Adisti Frediryana, Sukadi. (2010). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru Pada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Pacitan.

Hidayat, T. (2020). Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Online Berbasis Website di Yayasan Pemdidikan Arya Jaya Sentika. Komputika: Jurnal Sistem Komputer, 9(1), 7-14.

Rismila, S. (2020). Manajemen Penerimaan Siswa Baru Berbasis Daring Di SMK Darussalam Karangpucunng Cilacap. Iain Purwokerto, 3(2), 14-26.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v13i1.2469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub