Visualisasi Kinerja dan Persepsi Peserta Program Bangkit 2021 Menggunakan Microsoft Power BI

Dedy Sugiarto, Rianti Dewi Sulamet-Ariobimo, Binti Solihah, Ahmad Zuhdi, Ratna Shofiati, Anung Barlianto Ariwibowo, Teddy Siswanto, Dimmas Mulya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membangun visualisasi kinerja dan persepsi peserta program Bangkit 2021 Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti dalam bentuk dasbor. Data berasal dari respon kuesioner peserta Bangkit 2021 terkait dampak program MBKM, data transkrip mahasiswa yang diperoleh dari penyelenggaraan Program Bangkit dan data indeks prestasi mahasiswa yang didapatkan dari sistem informasi akademik (student information system) Universitas Trisakti. Pemodelan data menggunakan model skema bintang dengan tiga tabel fakta yaitu tabel nilai mata kuliah yang diikuti, tabel kehadiran dan status lulus serta tabel kuesioner. Tabel dimensi terdiri atas dimensi jalur pembelajaran, dimensi program studi, dimensi mata kuliah. Hasil visualisasi menunjukkan laporan kinerja dan persepsi peserta dapat dengan mudah dan singkat dilihat dalam masing-masing satu layar yang dapat disaring berdasarkan dimensi program studi, jalur pembelajran maupun mata kuliah yang diikuti. Secara umum 75% dinyatakan lulus penuh (full) dan 25 % lulus sebagian (parsial) serta salah seorang peserta berhasil mendapatkan predikat 50 tim terbaik. Seluruh peserta juga menyatakan kegiatan ini bermanfaat bagi mereka untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian serta meningkatkan kemampuan bekerja sama dalam sebuah tim.


Keywords


visualisasi; dasbor; program Bangkit; skema bintang

Full Text:

PDF

References


S. Few, Information Dashboard Design. 2006.

W. I. Loka and F. Natalia, “Perancangan dan Pembuatan Visualisasi Data Dana Penelitian Internal dan Hibah Dikti LPPM Universitas Multimedia Nusantara,” Ultim. InfoSys J. Ilmu Sist. Inf., vol. 10, no. 1, pp. 61–68, 2019, doi: 10.31937/si.v10i1.867.

D. Mirwansyah and N. W. W. Sari, “Penerapan Business Intelligence Pada Data Lulusan Stmik Sentra Pendidikan Bisnis,” Pros. Semin. Nas. Mat. Stat. dan Apl. 2019, pp. 192–198, 2019.

E. H. A. Putri Ulfa Kamalia, “Jurnal Kependidikan:,” J. Kependidikan J. Has. Penelit. dan Kaji. Kepustakaan di Bid. Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 7, no. 4, pp. 857–867, 2021.

N. D. Puspaningtyas and P. S. Dewi, “Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Daring,” J. Pembelajaran Mat. Inov., vol. 3, no. 6, pp. 703–712, 2020, doi: 10.22460/jpmi.v3i6.703-712.

S. Anjum, “Impact of internship programs on professional and personal development of business students: a case study from Pakistan,” Futur. Bus. J., vol. 6, no. 1, pp. 1–13, 2020, doi: 10.1186/s43093-019-0007-3.

D. F. Abdulla, O. Mahmood, and A. Fatah, “An Evaluation of Summer Internship Program at KRG Universities: Students’ Perspective,” ProEnvironment/ProMediu, vol. 12, no. 39, 2019.

J. P. Jaiwei Han, Micheline Kamber, Data Mining : Concepts and Techniques. 2012.

T. A. S. David R. Anderson, Dennis J. Sweeney, Statistics for Business and Economics. 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v13i1.2311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub