Sistem Rekomendasi Metode Simple Additive Weight Untuk Penentuan Personel Pengamanan Vip Direktorat Pamobvit Polda Lampung

Fenty Ariani, Prakarsa Cendekia, Ayu Kartika Puspa, Erlangga Erlangga, Yuthsi Aprilinda

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk membangun sebuah sistem pendukung keputusan yang mampu merekomendasikan dan merangkingkan personel direktorat pamobvit sebelum melaksanakan tugas pengamanan. dengan penelitian ini satuan kerja Direktorat Pamobvit dapat menunjuk personel yang direkomendasikan untuk melaksanakan pengamanan vip sesuai dengan kebutuhan dan kriteria dilapangan serta meminimalisir kesalahan dalam penunjukan personel pengamanan yang dapat mengakibatkan ketidak stabilan keamanan dan penilaian terhadap profesionalisme satuan kerja direktorat Pamobvit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dengan Metode Simple Additive Weight (SAW). Hasil dari penelitian ini berupa sistem yang mampu menampilkan nilai dan hasil perangkingan dari nama-nama personel sesuai dengan kriteria dan kebutuhan dilapangan, khususnya dalam melaksanakan pengamanan VIP, yang selanjutnya nama nama tersebut akan direkomendasikan kepada pimpinan untuk melaksanakan tugas pengamanan VIP.


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan; Simple Addictive Weight (SAW); Direktorat Pamobvit; Pengamanan VIP

Full Text:

PDF

References


H. Abdul Halim and C. Hendra, “Analisa Dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pasangan Hidup Menurut Budaya Karo Dengan Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP),” vol. 02, p. 17, 2018.

J. R. Sagala, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Jabatan Kapolres Di Jajaran Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut)Dengan Metode Simple Additive Weight (Saw),” J. Mantik Penusa, vol. 2, no. 2, pp. 84–91, 2018, doi: 10.47709/cnapc.v1i1.4.

Peraturan Kepolisian RI, “Peraturan Kepolisian Republik Indonesia No.14 tahun 2018 tentang Susunan Organisasi dan tata kerja Kepolisian Daerah.” p. 121, 2018.

H. Nurmawan, Y. F. Andriani, and Kusrini, “Sistem Pendukung Keputusan Karyawan Berprestasi pada PT. ABC dengan Metode SAW,” J. Inf. Politek. Indonusa Surakarta, vol. 5, no. 1, pp. 35–41, 2019.

R. Taufiq, Sistem Pendukung Keputusan. Tanggerang: Mitra Wacana Media, 2020.

F. Ariani, “Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Analytical Hierarkhi Process Untuk Penentuan Pengisian Jabatan,” Expert J. Manaj. Sist. Inf. dan Teknol., vol. 07, no. 02, pp. 77–82, 2017.

F. Ariani, S. Sinaga, and T. Thamrin, “Aplikasi Kepma untuk Mengukur Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode Servqual Berbasis Android,” Expert J. Manaj. Sist. Inf. dan Teknol., vol. 7, no. 1, 2017, doi: 10.36448/jmsit.v7i1.873.

S. Santoso and R. Nurmalina, “Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut),” J. Integr., vol. 9, no. 1, pp. 84–91, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v12i2.2265

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Saat ini Terindeks:

Penerbit Jurnal:Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License