https://socius.unesa.ac.id/css/
Aplikasi Argaria Market Berbasis Mobile Untuk Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Komoditi Laut Di Kepulauan Aru | Ariani | Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)

Aplikasi Argaria Market Berbasis Mobile Untuk Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Komoditi Laut Di Kepulauan Aru

Fenty Ariani, Charles Evan Djabumir, Ayu Kartika Puspa, Freddy Nur Afandi

Abstract


Perkembangan teknologi kini semakin berkembang dalam semua bidang, hal ini merupakan peluang bagi pelaku usaha dalam memasarkan product. peluang ini dapat di manfaat kan bagi pelaku usaha komuditi laut untuk memasarkan hasil komoditi laut yang diperoleh dengan system e-commerce, sehingga pasar yang dihasilkan dapat menjadi lebih luas dan dapat mempersingkat dalam rantai distribusi komuditi hasil laut, seperti yang kita ketahui pemasaran product hasill laut masih dilakukan dengan cara manual sehingga konsument yang ingin membeli dalam jumlah besar harus turun lapangan untuk melihat hasil laut apa saja yang tersedia, selain itu panjangnya distribusi dalam penjualan membuat margin yang diperoleh oleh nelayan sangat kecil. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan system yang dapat memperluas pasar dan juga dapat memperpendek rantai distribusi yang terjadi, sehingga margin yang diperoleh nelayan cukup besar dan juga konsument dapat melihat product komuditi hasil laut apa saja yang tersedia dengan hanya melalui smamrtphone. Tujuan penelitian ini yaitu mempersingkat distribusi penjualan hasil komuditi laut di kepulauan aru serta Meningkatan hasil penjualan dalam sektor hasil laut dan memperluas pasar daya jual komuditi hasil laut.

Keywords


Komuditi Hasil Laut ; Nelayan ;E-Commerce

Full Text:

PDF

References


S. B. Pamungkas, "Analisis Rantai Distribusi Komuditas Ikan Tangkap Perikanan Laut Di Kota Tegal," Analisi Rantai Distribusi Komuditas Ikan Tangkap Perikanan Laut Di Kota Tegal, p. 1, 2013.

E. M. H. A. Y. A. Fenty Ariani, "Aplikasi E-Marketing Panglong Kayu Menggunakan Metode Colaborative Filtering," Aplikasi E-Marketing Panglong Kayu Menggunakan Metode Colaborative Filtering, Vol.11 no.1|Juni 2020.

J. Wong, Internet Marketing for Beginners, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2010.

D. Irmawati, "Pemanfaatan E_Commerce Dalam Dunia Bisnis," Pemanfaatan E_Commerce Dalam Dunia Bisnis, Edisi Ke-Vi, November 2011.

S. Kosasi, "Perancangan Sistem E-Commerce Untuk Memperluas Pasar," Perancangan Sistem E-Commerce Untuk Memperluas Pasar, 2015.

S. C. Vermaat, Discovering Computers Menjelajah Dunia Komputer Fundamental, Edisi 3, Jakarta: Salemba Infotek, 2007.

A. T. Wibowo, "Pembuatan Aplikasi E-Commerce Pusat Oleh-Oleh Khas Pacitan Pada Toko Sari Rasa Pacitan," Pembuatan Aplikasi E-Commerce Pusat Oleh-Oleh Khas Pacitan Pada Toko Sari Rasa Pacitan, Ijns Volume 2 no 4 - Oktober 2013.

[A. W. Yudah Yudhanto, Mudah Membuat dan Berbisnis Aplikasi Android dengan Android Studio, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017.

W. S. A. S. M. I. J. T. R. A. D. Nazlina Izmi Addyna, "Pengolahan Data Penjualan Baju Online Pada Grosir Hasibuan Busana Pematangsiantar Berbasis Web," Pengolahan Data Penjualan Baju Online Pada Grosir Hasibuan Busana Pematangsiantar Berbasis Web, Vol. 2, (2020).

P. B. S. M. C. Zandi Nugroho Hidayat1), "Perancangan Dan Implementasi Sistem E-Commerce Dengan Menggunakan Cms Opencart Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Dan Pemasaran," Perancangan Dan Implementasi Sistem E-Commerce Dengan Menggunakan Cms Opencart Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Dan Pemasaran, Vol 2, No 1 (2014).

A. Y. S. Deni Apriadi, "E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian," E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian, Vol 1, No 2 (2017): Agustus 2017.

s. Diki Susandi, "Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Object Oriented pada Distro Dlapak Street Wear," Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Object Oriented pada Distro Dlapak Street Wear, VOL. 4(2017).

N. T. M. Indra Wati, Perancangan Sistem Penjualan E-Commerce Pada Toko Cahaya Busana, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v12i1.2016

Article Metrics

Abstract view : 8 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub