Perancangan Aplikasi E-Menu Restaurant dengan Menggunakan Cloud Computing dan Serverless Architecture Lambda

Dian Oktaviani, Frederik Samuel Papilaya, Penidas Fiodinggo Tanaem

Abstract


Persaingan global di mana restoran dari mancanegara sudah masuk ke Indonesia tentu membuat pihak restoran akan selalu berusaha meningkatkan kualitas sistem pelayanan. Di samping itu mengingat banyak sekali informasi yang didapat melalui internet, maka bila dengan adanya sistem informasi E-menu restoran diharapkan dapat memberi kemudahan kepada pelanggan untuk melakukan pembelian secara online. Sistem ini dibangun dengan memanfaatkan teknologi Cloud Computing dan serverless architecture lambda. Dengan menggunakan cloud computing, akses cloud sangat mudah, fleksibel, dan skalibilitas yang cepat. Sedangkan menggunakan serverless lambda merupakan cara untuk membangun aplikasi tanpa perlu mengelola infrastructure sehingga akan mengurangi pengeluaran biaya.


Keywords


Perancangan, Cloud Computing, Serverless Lambda

Full Text:

PDF

References


Martono, ""Pembuatan Aplikasi E-Menu (Electronic Menu) Berbasis Website dan Android"," JURNAL ILMIAH MEDIA SISFO , vol. 12, p. 1036, 2018 .

V. W. K. Muda, ""Rancangan Bangun Aplikasi Booking Restorant Folks Surabaya Berbasis Web"," p. 1, 2018 .

Hendri, ""PROTOTIPE APLIKASI PEMESANAN MAKANAN,"," Jurnal Ilmiah Media Processor, p. 622, 2016.

C. Marinescu, Cloud Computing Theory and Practise, USA: Morgan Kaufmann, 2013.

LAVINDA, ""Cloud Computing dan Perannya Dorong Pertumbuhan,"," 14 JULI 2010. [Online]. Available: LAVINDA, "Cloud Computing dan Perannhttps://www.jurnal.id/id/blog/cloud-computing-dan-perannya-dorong-pertumbuhan-bisnis-anda. [Accessed 24 NOVEMBER 2020].

""Membangun Aplikasi dengan Arsitektur Tanpa Server,"," Amazon Web Service, [Online]. Available: https://aws.amazon.com/id/serverless/. . [Accessed 2020 NOVEMBER 24].

A. L. &. W. A. Triyanto, ""ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM PEMASARAN UMKM TERINTEGRASI BERBASIS,"," SIMETRIS, vol. 5, p. 2, 2014.

E. Riana, "Implementasi Cloud Computing Technology dan Dampaknya Terhadap Kelangsungan Bisnis Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Agile dan Studi Literatur," JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 7, 2020.

"AWS Identity and Access Management," Amazone Web Service, [Online]. Available: https://docs.aws.amazon.com/IAM/latest/UserGuide/introduction.html. [Accessed 23 DESEMBER 2020].

"Amazon API GATEWAY," AMAZON WEB SERVICE, [Online]. Available: https://aws.amazon.com/id/api-gateway/#:~:text=Amazon%20API%20Gateway%20adalah%20layanan,fungsi%20dari%20layanan%20backend%20Anda.. [Accessed 30 NOVEMBER 2020].

"Amazon DynamoDB," Amazon Web Service, [Online]. Available: https://aws.amazon.com/id/dynamodb/. [Accessed 30 NOVEMBER 2020].

"Modul 1: Membuat sebuah Situs Web Statis," Amazone Web Service, [Online]. Available: https://aws.amazon.com/id/getting-started/hands-on/build-web-app-s3-lambda-api-gateway-dynamodb/module-one/. [Accessed 31 12 2021].




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v12i1.1887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub