Kajian Medis Nirkabel Pada Daerah Rural Di Indonesia

Yomi Guno, Mohammad Amanta Kumala Sakti

Abstract


Kesehatan menjadi salah satu perhatian manusia di masa kini terutama dengan cakupan wilayah yang sangat luas dan bervariasi karakteristik geografisnya. Di sisi lain jumlah jumlah tenaga kesehatan dan distribusinya masih kurang merata. Sehingga perlu adanya suatu sistem pemantauan medis pasien yang mampu untuk membantu kinerja tenaga kesehatan dan sudah terintegrasi secara nirkabel. Pada makalah ini, diusulkan sistem yang mengintegrasikan jaringan sensor nirkabel berteknologi bluetooth yang dilengkapi terminal pemantauan yang terhubung pada jaringan GSM dan USB. Terminal ini akan terhubung dengan pangkalan data dan sistem rumah cerdas. Pangkalan data akan terhubung dengan jaringan internet dengan protokol IPv6 dan HTTP sehingga dokter dapat dengan mudah memantau dan memberikan saran tindakan kepada pasien dari jarak secara remote. Usulan sistem ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan efisiensi tenaga kesehatan serta membantu pemantauan medis bagi pasien yang berada jauh dari rumah sakit.


Keywords


Bluetooth; GSM; HTTP; IPv6; Telemedicine

Full Text:

PDF

References


Amil A Ilham, A. T. Parawangsa, Hasradin and E. Palantei, “Sistem Jaringan Nirkabel Dual – Sensor untuk Monitoring Data Medik Pasien” in Seminar Nasional Teknik Informatika (SNATIKA), 2013

David Puiterson and Wirawan, “Purwarupa Jaringan Sensor Medis Nirkabel Berbasis Komputasi Awan” in Jurnal Teknik ITS Vol. 7, No. 1, 2018

Rasio Tenaga Kesehatan dengan Jumlah Penduduk (1:100.000), Diakses pada 19 September 2021, dari http://bppsdmk.kemkes.go.id/info_sdmk/info/renbut.

J.K. Pollard, S. Rohman, dan M.E. Fry, “A Web-Based Mobile Medical Monitoring System,” International Workshop on Intelligent Data Acquisition and Advanced Computing Systems : Technology and Application, pp. 32–35, 2001.

Michael Biemer dan J. Felix Hampe, “A Mobile Medical Monitoring System : Concept, Design and Deployment,” pada Proceedings of the International Conference on Mobile Business (ICMB’05), 2005.

Wang Feng Qin dan Li Yang, “ZigBee Technology for Designing and Implementing a Remote Medical Monitoring System,” pada Proc. International Conference on Computer, Mechatronics, Control and Electronic Engineering (CMCE), 2010, pp. 172–175.

Alireza Vahdatpour, Navid Amini, dan Majid Sarrafzadeh, “On-Body Device Localization for Health and Medical Monitoring Applications”, pada IEEE International Conference on Pervasive Computing and Communications (PerCom), March, 2011, pp. 37–44.

Dhanajay Singh, Sanjay Singh, et.al., “IP-based Ubiquitous Sensor Network for In-Home Healthcare Monitoring,” pada IMPACT, 2009, pp. 201-204.

N. Gershenfeld, R. Krikorian, dan D. Cohen, “The Internet of things.” Sci. Am., vol. 291, no. 4, p. 76, 2004.

Zhou W. N, Shi R, dan Shen L. F. "A Wireless Medical Telemetry System Based on Bluetooth". Modem Electronics Technique, 2004, pp. 1.

Gang Jing, Yinjig Guo, Guoqiang Ren, et.al., “New Safety Mechanism of Medical Monitoring System Based on Bluetooth,” pada Proc. ICWMMN, 2006.

L. Ho, M. Moh, Z. Walker, et.al., “A Prototype on RFID and Sensor Networks for Elder Healthcare : Progress Report,” pada Proceeding of the 2005 ACM SIGCOMM Workshop on experimental approaches to wireless network design and analysis E-WIND, 2005.

D.Wilson and C.Atkeson, "Automatic Health Monitoring using Anonymous, Binary Sensors,” tersedia pada http://www.cs.cmu.edu/- dwilson/papers/wilsonCHI2004WS.pdf.

Ashutosh Rastogi, Alok Kumar, dan Shirshu Varma, “Database Design for Sensor Network based Global Patient Care Monitoring System,”, IEEE Journal, 2010.

J.C. Kyu, H.H. Asada, “Wireless, Battery-less Stethoscope for Wearable Health Monitoring,” pada Proc. the IEEE 28th Annual Northeast Bioengi-neering Conference, pp 187-188, 2002.

Arikunto, Suharsimi, “Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek,” Jakarta: Rineka Cipta, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v12i2.1774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub