https://socius.unesa.ac.id/css/
Perbandingan Metode Logika Fuzzy Untuk Diagnosa Penyakit Diabetes | Nizar | Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)

Perbandingan Metode Logika Fuzzy Untuk Diagnosa Penyakit Diabetes

Hasan Nizar, Alifta Salma Shafira, Juvandio Aufaresa, Muhammad Alvi Awliya, Ummi Athiyah

Abstract


Salah satu faktor yang utama dalam kehidupan manusia yaitu kesehatan. Jika tubuh kita sehat, maka aktivitas harian yang kita lakukan akan berjalan lebih lancar. Namun, tidak dapat dipungkiri tidak sedikit penyakit yang menyebabkan kematian pada manusia. Salah satunya adalah penyakit diabetes. Diabetes merupakan jenis penyakit gangguan metabolik menahun akibat pankreas tidak memproduksi insulin yang cukup atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang telah diproduksi secara efektif. Penyakit ini masuk ke dalam masalah utama kesehatan masyarakat di Indonesia dan sayangnya tidak dapat disembuhkan, tetapi apabila sudah dideteksi secara dini, segera diterapi, minum obat secara teratur, dan selalu rajin kontrol ke dokter, maka penderita dapat memperbesar tingkat kesembuhannya. Beberapa metode dalam Fuzzy Logic mampu digunakan oleh pakar untuk memprediksi gejala pada diabetes mellitus. Dalam penelitian ini  membandingkan tiga metode  fuzzy logic dalam mendeteksi dini Diabetes yaitu Meode Fuzzy Mamdani, Metode Fuzzy Sugeno dan Metode Fuzzy Tsukamoto.  Metode fuzzy yang digunakan kali ini diharapkan dapat digunakan untuk menentukan tingkat keakurasian untuk mendeteksi penyakit Diabetes. Dari hasil perbandingan diketahui bahwa metode sugeno lebih baik dengan menghasilkan 97,33% tingkat keakuratan dan  nilai eror atau kesalahan yang kecil yaitu kurang dari 3%.

 


Keywords


diabetes,fuzzy,mamdani,sugeno,tsukamoto

Full Text:

PDF

References


T. Hans, “Segala Sesuatu yang Harus Anda Ketahui Tentang Diabetes,” Jakarta : PT Gramedia Pustaka, 2008.

A. Rico., Vitriani., U. S. Rahayu Alfitri “Analisis Perbandingan Kalkulasi Manual Fuzzy Logic Metode Mamdani Dan Tsukamoto Pada Penentuan Tipe Diabetes Melitus,” Journal of Education Informatic Technology and Science (JeITS) ., vol. 2, no 3, pp.12-23, 2020

Yuniarti, Heny, S. Riyanto, R. M. Aunur, “Penerapan Fuzzy Tsukamoto pada Alat Deteksi Penyakit Hipoksemia, Hipotermia, Hipertensi, dan Diabetes untuk Health Care Kiosk,” Journal of Applied Informatics and Computing (JAIC)., vol.4, no.2, pp.163-173,2020.

Munawar, Marzuki, Radhiah, “Pendeteksian Penyakit Diabetes di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh dengan Sistem Fuzzy Mamdani,” Journal of Data Analysis., vol. 1, no. 2, pp. 103-110,2018.

R. Slamet, “Uji Coba Metode Mamdani untuk Deteksi Penyakit Diabetes Di Rsud Dr. H. Soemarno Sosroatmojo Kuala Kapuas,” Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik dan Niaga Politeknik Negeri Banjarmasin., vol. 13, no. 1, pp. 70-77,2013.

T. Rahmat, Mustafa, S. Maisaroh, R. Abdul, “Sistem Pakar Pendeteksi Penyakit DiabetesMenggunakan Algoritma Fuzzy Logic Takagi Sugeno Kang,” Jurnal Sisfotek Global Stmik Bina Sarana Global., vol. 9, no. 2, pp. 98-105,2019.

Singla, Jimmy, “Comparative Study of Mamdani-Type and Sugeno-Type Fuzzy Inference Systems for Diagnosis of Diabetes,” International Conference on Advances in Computer Engineering and Applications (ICACEA) IMS Engineering College., Ghaziabad, India. 2015.

Yulmaini, ”Logika Fuzzy: Studi Kasus & Penyelesaian Menggunakan Microsoft Excel dan Matlab,” Yogyakarta: Penerbit Andi., 2018.

S. S. Lina Mulani, “Penerapan Fuzzy Inference System Sugeno untuk Menentukan Jumlah Pembelian Obat (Studi Kasus: Garuda Sentra Medika),” Jurnal Informatika Universitas Pamulang., vol. 3, no.2, pp. 104-109, 2018.

Adrial, Rico, “Fuzzy Logic Modeling Metode Sugeno Pada Penentuan Tipe Diabetes Melitus Menggunakan MATLAB,”Jurnal Ilmiah Informatika., vol. 6, no. 1, pp. 62-68,2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v12i1.1763

Article Metrics

Abstract view : 36 times
PDF - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub