Aplikasi Pencatat Kegiatan Olahraga “Satu Gowes” menggunakan Global Positioning System (GPS) berbasis Android

Anugerah Bagus Wijaya, Irfan Nurahman

Abstract


Komunitas sepeda mulai bermunculan di kota-kota maupun di pedesaan, seperti halnya komunitas Rodagila di kota Purwokerto. Kegiatan rutinitas road dshow gowes setiap hari rabu malam, dengan ketentuan titik kumpul yang telah ditentukan menuju rute – retue yang akan dilewati. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan beberapa peserta Road Show beberapa terkendala dalam hal rute jalan yang akan dilalui ketika bersepeda, tidak semua daerah anggota komunitas paham jalan dan rute. Fungsi dari GPS sendiri menjadi media penyimpan data seperti waktu dan lokasi kegiatan dalam berolahraga. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi yang mampu membantu dalam memonitoring kegiatan bersepeda, dan menampilkan informasi navigasi yang akan dilalui sehingga diharapkan dapat membantu pengendara pengendara dalam mengetahui jalur yang sebaiknya dilalui untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dari hal tersebut diharapkan pesepeda lebih mudah dalam beraktifitas gowes. Metode yang di lakukan dalam penelitian ini meliputi studi literature, Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Untuk metode pengembangan menggunakan Multimedia Development Life Cycle. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang aplikasi Satu Gowes menggunakan system GPS Aplikasi Satu Gowes telah dibuat melalui 6 tahapan yakni Konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, dan distribusi. Disisilai dengan selesainya applikasi Satu Gowes, pengguna sepeda dapat melakukan kegiatan bersepeda lebih mudah dalam mengatur pola bersepeda.

Keywords


GPS; Gowes; Aplikasi

Full Text:

PDF

References


P. Bessy Sitorus, “Peranan olahraga dalam meningkatkan kesehatan,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 21, pp. 65–72, 2015.

Y. Prasetyo, “Kesadaran Masyarakat Berolahraga untuk Peningkatan Kesehatan dan Pembangunan Nasional,” Medikora, vol. VOL.XI, pp. 219–228, 2013.

A. S. W. N. Nur Budi Handayani, Dwi Susilo, Amiek Chamami, Penyajian Data dan Informasi Kepemudaan dan Olahraga 2014 14 Januari 2016.pdf. Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga, 2014.

R. P. Indrawan, C.A., Bramantijo, & Sutanto, “Perancangan Kampanye Sosial tentang Penggunaan Lajur Bersepeda di Kota Surabaya,” J. DKV Adiwarna, vol. 1, no. 2, pp. 1–13, 2012.

Suryanto, “Pembuatan Aplikasi Olahraga Runcycling Menggunakan Global Positioning System (GPS) Berbasis Android,” Konf. Nas. Ilmu Sos. Teknol., pp. 527–531, 2017.

H. Junaedi, D. D. Purwanto, S. Putri, S. Tinggi, and T. Surabaya, “Pencatat Kegiatan Olahraga Menggunakan Fasilitas Gps,” pp. 145–148.

B. Darytamo, R. B. Permadi, S. A. Putra, and S. Widayati, “Pemrograman Berorientasi Obyek dengan Java 2 Platform Micro Edition ( J2ME ) Penulis : Penanggung Jawab : Tim Editor :,” in Java Competency Center, 2007.

A. D. Fitriyanti, “Aplikasi Penghitung Kalori Terbakar Saat Berolahraga Sepeda Menggunakan Global Positioning System (Gps) Berbasis Android,” J. Teknol. Inf., vol. 4, no. 2.

O. Lengkong et al., “Aplikasi Denah 3D dan Navigasi Pada Gedung Manado Town Square Menggunakan Game Engine Bebasis Android 3D Map Application and Navigation on Manado Town Square Building Using Game Engine with Android Bases,” Cogito Smart J., vol. 3, no. 2, 2017.

Sudaryono, Metodologi Riset di Bidang TI (Panduan Praktis, Teori dan Contoh Kasus) / Sudaryono ; editor, Nikodemus WK. Yogyakarta: Andi, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v11i2.1574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License