Rancang Bangun Sistem Perpustakaan Berbasis Web Support Qr-Code

Hermanto Hermanto, Ikhsan firmansyah

Abstract


Kemajuan terhadap teknologi informasi yang semakin terus berkembang sekarang ini digunakan dalam berbagai bidang termasuk sistem perpustakaan sekolah. Banyak perpustakaan sekolah yang masih mengelola data secara manual. Setiap kunjungan anggota perpustakaan, pinjaman, dan pengembalian buku masih melakukan cara manual dengan mencatat dalam buku besar sehingga menyulitkan administrasi perpustakaan karena sulitnya mencari informasi anggota yang meminjam untuk mengetahui kapan tengat waktu peminjaman buku tersebut. Administrasi di SMP ISLAM AL-ANHAR menjadi kewalahan ketika anggota perpustakaan ingin meminjam buku yang sudah dipinjam oleh anggota lain karena harus mencari informasi peminjam sehingga pelayanan kurang efektif. Untuk mengatasi masalah ini di perlukan sistem informasi perpustakaan yang terkomputerisasi sehingga layanan bisa menjadi lebih baik. Perancangan ini menerapkan metode SDLC sebagai pengembangannya Dengan pembangunan sistem perpustakaan berbasis web support Qr-Code ini diharapkan dapat mempermudah bagian administrasi perpustakaan dalam melakukan pengolahan data transaksi buku dan sirkulasi di perpustakaan agar lebih efektif.


Keywords


Sistem;Perpustakaan;Web;SDLC

Full Text:

PDF

References


Agus Irawan, A. N. (2015). Sistem Informasi perpustakaan pada universitas serang raya berbasis web, 34.

Dharmawan, W. S. (2018). Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam perancangan Sistem Aministrasi Keuangan Berbasis Dekstop, 160.

Fitriyan, M. R. (2017). Sistem Pengelolaan Berbasis Qr-Code, 4.

Mara Destiningrum, Q. J. (2017). Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbasis Web Menggunakan Framwork Codeigniter, 32.

Perwira, H. N. (2015). Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, 7.

Yakub. (2012). Pengantar Sistem Informsi.Yogyakarta:Graha Ilmu




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v11i2.1568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License