Aplikasi Pengelolaan Dokumen dan Arsip berbasis Web untuk mengatur Sistem kearsipan dengan menggunakan Metode Waterfall

ridwanto ridwanto, Dwi Ade Handayani Capah

Abstract


Beberapa faktor menyebabkan rendahnya kualitas dan produktivitas kopi di Indonesia. Alasan utama permasalahan ini adalah gangguan hama dan penyakit. Sebagian besar petani kopi di Indonesia, khususnya di Provinsi Lampung adalah petani kopi yang tidak terdidik. Para petani masih menggunakan cara tradisional dalam mengidentifikasi hama dan penyakit. Dengan menggunakan sistem pakar diharapkan petani dapat melakukan diagnosis hama dan penyakit kopi secara akurat. Tujuan utama dari penelitian ini adalah membangun sistem pakar berbasis web untuk mendiagnosis hama dan penyakit tanaman kopi. Untuk mengidentifikasi hama dan penyakit tanaman kopi, teknik Breadth First Search digunakan. Data terdiri dari 5 hama, 5 penyakit, dan 28 gejala dari hama dan penyakit pada tanaman kopi. Certainty Factor digunakan untuk menentukan bobot setiap gejala dan nilainya ditentukan oleh pakar dan pengguna. Selanjutnya Certainty Factor secara iteratif dihitung oleh sistem untuk mengukur persentase hasil diagnosis. Untuk mengevaluasi sistem ini, 30 pengguna dipilih dan dikelompokkan menjadi 3 kelompok (pakar kopi, petani dan mahasiswa Fakultas Pertanian, mahasiswa jurusan Ilmu Komputer). Pengguna diminta untuk menilai sistem dengan mengisi kuesioner. Pengguna menyimpulkan bahwa sistem pakar berjalan dengan baik dengan persentase masing-masing 75.56%, 73,78% dan 83.39%.


Keywords


Arsip;Waktu;Web

Full Text:

PDF

References


Rinandi Awan Sagita dan Hari Sugiarto, “Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Penjualan Furniture Berbasis Web”, Jurnal Networking, vol.5 p.4, Oktober 2016.

Dian Novianto,”Implementasi sitem informasi pegawai (simpeg) berbasis web menggunakan frame work dan bootstrap”, Atma Luhur ,jurnal ilmiah informatika, vol.7 p.1, 2016

M. Destiningrum and Q. J. Adrian, "Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbasis Web dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre)," Jurnal Teknoinfo, vol. 11, p. 32, 2017.

Recki ari Wijaya,Bambang Budi Wiyono,Ibrahim Bafadal, “Pengelolaan kearsipan”. Jurnal administrasi dan manajemen pendidikan, Vol 1, P.2, Oktober 2018.

Fauzan Maskyur,Ibnu Makruf Pandu atmaja.“Sistem administrasi pengelolaan arsip surat masuk dan surat keluar berbasis web”. Jurnal jaringan dan keamanan. Vol. 4, P.3, 2015.

Sri Lestanti, Ardina Desi Susana “Sistem pengarsipan dokumen guru dan pegawai menggunakan metode mixture modelling berbasis web” . Jurnal ilmiah tehnik informatika Vol. 10, P.2, November 2016.

Heri Abi Burachman Hakim “OMEKA-Aplikasi pengelola arsip digital dakam berbagai format”. Jurnal pengembangan kearsipan, Vol. 9, P.1, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v11i2.1469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License