Aplikasi Pemesanan Ambulan Berbasis Web

Putri Sri Rahayu, Wuwuh Bekti Hartiningsih

Abstract


Salah satu transportasi dalam keadaan gawat darurat adalah ambulan yang disediakan oleh Dinas Kesehatan untuk fasilitas kesehatan di masyarakat. Berguna untuk membantu masyarakat dalam melakukan pemberian pertolongan pertama dan perawatan intensif saat pasien sedang dalam perjalanan menuju rumah sakit rujukan. Adapun keluhan yang dialami masyarakat saat ini adalah kesulitan dalam melakukan pemesanan ambulan. Sedangkan di pihak rumah sakit sering mengalami kesulitan dalam menemukan lokasi masyarakat yang melakukan pemesanan ambulan. Salah satu inovasi di pelayanan kesehatan rumah sakit dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi yaitu dengan membuat “Aplikasi Pemesanan Ambulan (Go Ambulanc ) Berbasis Web”. Adapun tujuan nya adalah memudahkan pasien/pelanggan dapat dirujuk ke rumah sakit yang terdekat yang memiliki fasilitas yang sesuai dengan keperluan untuk penanganan medis secara efektif guna mendapatkan  layanan  ambulan  tanggap  darurat  dengan  cepat  dan  akurat melalui alamat untuk penjemputan pasien. Manfaat yang diperoleh dari aplikasi ini adalah mempermudah pasien dalam mengakses lokasi rumah sakit yang terdekat, dan meningkatkan kepuasan pasien / masyarakat terhadap pelayanan kesehatan. Metode yang digunakan dalam mengembangkan aplikasi ini adalah model waterfall dan melalui analisa kebutuhan PIECES (Performance, Information, Economics, Control, Efficiency, Service) dalam menemukan pokok masalah

Keywords


Pelayanan kesehatan , IGD, Rumah Sakit , Web, model waterfall, PIECES

Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan, Undang Undang Republik Indonesia Nomer 36 Tahun 2009. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2009.

Presiden Republik Indonesia, Undang Undang Republik Indonesia Nomer 44 Tahun 2009. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2009.

Depkes RI and D. RI, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2013 Tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2013.

S. Salwa Husna, M. Fadli, and D. Hajar, “Rancang Bangun Sistem Pemesanan Tiket Bus Berbasis Mobile pada Perusahaan Otobus di Dumai,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 2, no. 3, pp. 611–620, 2018, doi: https://doi.org/10.29207/resti.v2i3.507.

Achmad Solichin, Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. Jakarta: Budi Luhur.

M. K. Heru Sulistiono, S.Kom., Coding Mudah dengan CodeIgniter, JQuery, Bootstrap, dan Datatable. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2018.

Supono dan Vidiandry Putratama, Pemrograman Web dengan Menggunakan PHP dan Framework Codeigniter. Jakarta: Deepublish, 2018.

Jubilee Enterprise, MySQL untuk Pemula. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2014.

Fatmawati, “Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Katering Berbasis Web Pada Rumah Makan Tosuka Tangerang,” Jurnalteknik Komput. Amik Bsikomputer Amik Bsi, vol. II, no. 2, pp. 2442– 2436, 2016.

M. R. Andini, S. P. Arso, and W. Kusumastuti, “Analisis Pelaksanaan Program Ambulan Siaga Kota Semarang Tahun 2019,” J. Kesehat. Masy., vol. 8, pp. 15–21, 2020.

F. Rahman and Santoso, “Aplikasi pemesanan undangan online,” J. Sains dan Inform., vol. 1, no. 2, pp. 78–87, 2015, [Online]. Available: https://jsi.politala.ac.id/index.php/JSI/article/vie w/30/29.

A. Acmad, K. Alkakim, F. Pradana, and B. Priyambadha, “Pembangunan Sistem Pemesanan Koki dan Makanan Berbasis Web,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 9, pp. 2532– 2537, 2018.

M. Chairudin, K. Setyowati, D. G. Suharto, M. A. Publik, F. Ilmu, and I. Politik, “Inovasi Layanan KesehatanOn-Demand Berbasis Aplikasi Telepon Genggam Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik,” pp. 131–144.

N. Purnautari Handayani and H. Noprisson, “Analisa dan Perancangan Aplikasi Gedtix untuk Pemesanan Gedung Multifungsi di Tigaraksa, Tangerang, Banten,” JUSIBI - (Jurnal Sist. Inf. dan EBisnis), vol. xx, no. x, pp. 18–25, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.ikhafi.or.id/index.php/jusibi/18.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v11i1.1461

Article Metrics

Abstract view : 79 times
PDF - 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Saat ini Terindeks:

Penerbit Jurnal:Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub