Aplikasi E-Marketing Panglong Kayu Menggunakan Metode Colaborative Filtering

Erlangga Erlangga, Mar Hidayati Anggraini, Fenty Ariani, Yuthsi Aprilinda

Abstract


Usaha pengolahan kayu semakin makin berkembang, dan menjadi salah satu peluang bisnis yang berpotensial di zaman sekarang. Industri pengolahan kayu seperti pengolahan kayu jati, kayu konstruksi bangunan, industri kreatif juga banyak yang menggunakan bahan kayu. Namun, Banyak usaha-usaha yang terpaksa terhenti karena tertinggal dengan kemajuan teknologi termasuk usaha pengolahan kayu. Permasalahan yang dihadapi, kebanyakan pengusaha panglong masih sepenuhnya berharap pada pemasaran yang dikelola secara tradisional saja. Proses pemasaran produk tersebut dilakukan secara manual hanya melalui interaksi langsung dengan konsumen. Selain itu, pemasaran produk hanya terfokus pada tempat-tempat tertentu seperti datang langsung ke tempat pengrajin atau ketika ada pameran. Untuk alasan ini, desain dan pengembangan aplikasi e-marketing panglong kayu diperlukan untuk menemukan informasi yang dibutuhkan dalam waktu yang cepat dan akurat. Aplikasi dibangun menggunakan pendekatan Collaborative Filtering. Berdasarkan hasil penelitian dengan menerapkan aplikasi e-marketing panglong kayu di Kota Bandar Lampung dapat memperluas pangsa pasar, memberikan kemudahan dalam pemberian informasi kepada konsumen, dan memudahkan pengguna dalam memberikan rekomendasi panglong kayu berdasarkan rating yang telah diberikan oleh para pengguna lainya


Keywords


E-marketing, Panglong Kayu, Rating, Collaborative Filtering

Full Text:

PDF

References


Kosasi, S., 2014. Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web untuk Memperluas Pangsa Pasar. Prosiding Snatif Ke-1 Tahun 2014 ISBN: 978602-1180-04-4 Sistem Informasi, STMIK Pontianak.

Pangestu, H. et al., 2010. Pemanfaatan Aplikasi EMarketing Pada PT Jeah Untuk Memenangkan Persaingan Usaha. Jurnal ComTech Vol.1 No.2 Desember 2010: 477-492.

Erlangga, E., 2014. Portal e-Brosur Berbasis Modern Advertising Methods Untuk Efektifitas Periklanan. Expert-Jurnal Manajemen Sistem Informasi Dan Teknologi, Universitas Bandar Lampung.

Sari, M. A. & Sari, R. P., 2014. Perancangan dan Pengembangan Web dengan Strategi E-Marketing pada PT.Columbindo Perdana. Jurnal Sistem Informasi STMIK GI MDP.

Susanti, N., 2018. Perancangan E-Marketing Umkm Kerajinan Tas. Jurnal Simetris, Vol. 9 No. 1 April 2018 ISSN: 2252-4983.

Wahirayasa, C. G. & Kusuma, A. G. A. A., 2018. Peran E-Marketing Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Bisnis. Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 6, 2018: 3291-3319 ISSN : 2302-8912.

Pressman, R. S., 2010. Software Engineering: A Practitioner’s Approach, Seventh Edition. New York: Mcgraw-Hill.

Schafer, J. F., Herlocker, J. & Sen, S., 2007. Collaborative Filtering Recommender System. BerlinHeidelber: Springer-Verlag.

Purwanto, S., 2009. Pembangunan Perangkat Lunak Sistem Rekomendasi Bursa Elektronis Telepon Genggam. Tesis - Insitut Teknologi Bandung.

Sarwar, B., 2001. Item-Based Collaborative Filtering Algorithms. Minneapolis: University of Minnesota.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v11i1.1460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub