BUS TRACKER – SISTEM LACAK LOKASI CALON PENUMPANG, LOKASI BUS DAN PERKIRAAN WAKTU KEDATANGAN BUS

Erlangga Erlangga, Taqwan Thamrin, Panji Maulana, Nico Susanto

Abstract


Bus merupakan moda transportasi yang paling dominan di Indonesia dibandingkan moda tranportasi lainnya. Karena sifatnya yang murah meriah membuat moda transportasi darat ini populer untuk bepergian jarak menengah sampai jauh. Namun sayang, sebaran calon penumpang yang tidak terpusat menjadikan driver sulit menemukan posisi calon penumpang karena kurangnya bahkan mungkin tidak tersediannya tempat pemberhentian khusus bus sehingga calon penumpang memilih menunggu bus disembarang tempat. Selain itu minimnya informasi lokasi keberadaan bus yang “on the way” dan waktu perkiraan kapan datangnya bus tersebut mengakibatkan penumpang harus menunggu lama dengan rasa was-was. Jika lengah maka bus akan berlalu dan harus menunggu kembali bus lainnya dengan tidak adanya informasi lokasi dan waktu kedatangan pastinya kapan. Oleh karena itu diperlukan sebuah aplikasi yang dapat memberikan informasi lokasi calon penumpang bagi driver, dan informasi lokasi dan perkiraan durasi waktu riil datangnya sebuah bus di lokasi menunggunya penumpang. Makalah ini penelitian ini menggunakan pendekatan simulasi penerapan teknik GPS to GPS yaitu Time Difference of Arrival (TDOA) untuk menemukan posisi calon penumpang dan Enchanced Observed Time Difference (EOTD) untuk menemukan posisi bus dan mengetahui perkiraan waktu.

 


Keywords


TDOA, EOTD, Prediksi, Lokasi, Bus.

Full Text:

PDF

References


E. Erlangga and J. K. Putra, "Student Satisfaction Analysis of Siater Using End User Computing Statisfaction (EUCS)," in International Conference on Engineering and Technology Development (ICETD), Bandar Lampung, 2014.

B. Prasetya, R. Renyati, U. A. Tatang, D. Arseno and B. Budianto, "Penentuan Posisi User pada Sistem Komunikasi Selular dengan Metode Time of Arrival (ToA) dan Time Difference of Arrival (TDoA)," in Seminar Nasional Informatika 2008 (semnasIF 2008), UPM "Veteran" Yogyakarta, 2008.

Nainggolan, Paskah Handikardo Benjamin; Darjat, Darjat; Christiyono, Yuli;, "Perhitungan Waktu Tunda pada Sistem Radar Sekunder dengan Menggunakan Metode TDOA (Time Different Of Arrival)," Transmisi, vol. 13, no. 1, pp. 7-14, 2012.

N. Ibrahim, "Pendeteksian Lokasi Sumber Noise (Partial Discharge) secara Tiga Dimensi menggunakan Antenna Array," Elkomika Itenas, vol. 3, no. 2, pp. 106-119, 2015.

H. H. Nuha, "Perancangan Sistem Mobile Tracking Berbasis Sistem Seluler dengan Metode E-OTD," Teknik Elektro Institut Teknologi Telkom, Bandung, 2009.

B. Febiantoro, "Aplikasi Location Based Service Pencarian Lokasi Panti Asuhan di Kota Bandung Berbasis Mobile Android - Tugas Akhir," Teknik Informatika Universitas Widyatama, Bandung, 2014.

Deitel, Harvey M.; Deitel, Paul J.; Nieto, Tem R.; Steinbuhler, Kate, Wireless Internet & Mobile Business How to Program, New Jersey, USA: Prentice Hall, 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v10i2.1318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub