E-AUDIT INTERNAL PERGURUAN TINGGI BERBASIS STANDAR BAN-PT

Erlangga Erlangga, Yuliana Yuliana, Fenty Ariani

Abstract


E-Audit merupakan proses pengumpulan bukti, serta evaluasi buktinya yang dilakukan dengan bantuan komputer untuk menentukkan serta melaporkan tingkat kesesuaian informasi tersebut dengan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. Universitas Bandar Lampung merupakan sebuah perguruan tinggi swasta di Provinsi Lampung yang dalam pelaksanaan proses auditnya saat ini masih belum memaksimalkan penggunaan komputer secara penuh, beberapa diantaranya masih dilakukan secara manual. Tim audit internal Universitas Bandar Lampung harus membuka dokumen satu persatu untuk menemukan data yang diinginkan. Oleh sebab itu, dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat membantu proses audit internal mutu di Universitas Bandar Lampung agar lebih cepat dan mudah. Aplikasi audit internal ini dibuat berdasarkan standar BAN-PT tahun 2009. Hasil penelitian dan pembuatan program aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah Lembaga Sistem Penjamin Mutu (LSPM) atau pihak yang terkait dalam melakukan proses audit internal hingga pembuatan laporan audit dengan efektif dan efesien.


Keywords


E-Audit, Audit Internal, BAN-PT, Sistem Penjaminan Mutu

Full Text:

PDF

References


V. Rindengan, "Rancang Bangun Aplikasi Audit Mutu Akademik Internal Universitas Sam Ratulangi," E-journal Teknik Informatika, vol. 6, no. 1, 2015.

E. Erlangga, "Aplikasi Internal Audit Berbasis ISO 9001:2008 dan ISO 19011:2002 untuk Menunjang Efektifitas Pengendalian Mutu Akademik," EXPERT, vol. 5, no. 1, pp. 12-18, 2015.

Setiyowati, "Audit Sistem Informasi pada Sistem Informasi Akademik Perspektif Proses Bisnis Internal Balanced Scorecard dan Standar Cobit 4.1," Jurnal Ilmiah Sinus, 2016.

A. Darmawan, "Analisis dan Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Audit Mutu Internal dan Dokumentasi Penjamin Mutu Perguruan Tinggi," Jurnal Generic, vol. 9, no. 2, 2014.

R. Rahma, "The Use of E-Audit in Increasing Government Audit Finding," Journal of Theoretical and Applied Information Technology, vol. 93, no. 2, 2016.

M. and K. Puraredja, Auditing, Jakarta: Salemba Empat, 2008, p. 18. [7] H. Tugiman, Standar Profesional Audit Internal, Yogyakarta: Kanisius, 2005, p. 11.

[




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v10i1.1229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub