PURWARUPA SISTEM PENGAIRAN SAWAH OTOMATIS DENGAN ARDUINO BERBASIS ARTIFICIAL INTELEGENT

Pamuji Setiawan, Elisabet Yunaeti Anggraeni

Abstract


Pertanian merupakan salah satu bidang yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan pokok manusia. Ketika kebutuhan pokok tersebut tidak mencukupi maka akan menjadi ancaman bagi kelangsungan hidup manusia. Salah satu permasalahan yang sangat besar dalam bidang pertanian adalah kurangnya air dan tidak tentunya sistem irigasi. Air merupakan unsur dasar tumbuhan untuk berfotosintesis sehingga dapat bertahan hidup dan tumbuh subur. Kekurangan air akan menyebabkan pertumbuhan tumbuhan sangat terganggu dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Air yang berlebihan juga menyebabkan tanaman tidak dapat tumbuh karena terjadi pembusukan pada akar tanaman. Ketersediaan air yang cukup akan sangat membantu pertumbuhan tanaman sehingga dapat tumbuh dengan baik dan berujung pada peningkatan hasil pertanian.

Cara konvensional tidak efektif, karena membutuhkan disiplin dalam pembagian hal pembagian air sesuai kebutuhan tanaman. Permasalahan-permasalahan lainnya, yaitu kondisi air irigasi yang kering atau kekurangan, sehingga harus memakai air dari sumur bor secara manual. Pembagian air yang tidak merata antara petani satu dengan yang lainnya. Penggantian air pada masa pemupukan juga perlu diperhatikan untuk pertumbuhan dan kualitas tanaman yang baik. Kebutuhan air untuk pengolahan tanaman padi juga dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya karakteristik tanah, derajat kejenuhan tanah, porositas tanah, kedalaman genangan, pH tanah, kondisi iklim dan cuaca. Tentunya hal ini kurang efektif dan praktis sehingga perlu mendapatkan sentuhan teknologi tepat guna pada permasalahan tersebut.

Purwarupa sistem pengairan sawah otomatis yang sudah ditanam program artificial intelegent pada arduino berfungsi membantu atau meggantikan tugas petani untuk melakukan pengairan secara otomatis sesuai dengan kebutuhan air pada tanaman padi. Mikrokontroler yang sudah ditanam program artificial intelegent tersebut membaca data-data dari sensor-sensor yang terpasang. Data-data yang dibaca dari sensor-sensor tersebut kemudian dianalisa sesuai jenis tanaman padi dan karakteristik tanahnya untuk pengambilan keputusan perlu tidaknya mengalirkan air, mengganti air, dan membuang air dengan jumlah volume tertentu serta mengatur dalam hal pengambilan air dari sumber yang mana secara otomatis, sehingga kebutuhan air pada tanamanan akan terpenuhi secara maksimal, efektif dan efisien.

 

 


Keywords


Sistem Pengairan; Artificial Intelegent; Arduino

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v9i2.1086

Article Metrics

Abstract view : 501 times
PDF - 351 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Saat ini Terindeks:

Penerbit Jurnal:Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub