SISTEM KEAMANAN GEDUNG BERBASIS SMS GATEWAY DAN MEDIA SOSIAL DENGAN MIKROKONTROLLER ATMEGA328

Oktafianto Oktafianto, Ponidi Ponidi

Abstract


Kemajuan teknologi elektronika turut membantu dalam pengembangan sistem keamanan yang handal. Salah satunya aplikasi sistem keamanan untuk pengaman gedung. Banyak alat-alat elektronika yang digunakan untuk sistem keamanan gedung contohnya seperti alat pendeteksi adanya pencuri, kebakaran, dan kebocoran gas. Alat yang dijual pun begitu banyak versinya, baik dari segi kualitas, merek, dam harganya. Akan tetapi, alat yang banyak ditemui dipasaran dijual terpisah dan harganyapun relatif lebih mahal. Alat-alat yang beredar dipasaran tersebut juga masih menggunakan tenaga baterai, padahal alat tersebut harus dalam keadaan hidup selama 24 jam sehingga boros dalam pemakain, dan jika baterainya telah habis tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, tentunya ini akan menjadi masalah jika alat tersebut dipakai untuk mendeteksi keamanan dalam gedung yang ditinggal berhari-hari oleh penghuninya.

Kelemahan lain dari alat yang beredar dipasaran yaitu tidak dapat mendeteksi keamanan gedung lainnya, seperti kebakaran, kebocoran gas. Kelebihan utama sistem keamanan yang berbasiskan SMS Gateway dan Media Sosial adalah, system informasinya tidak hanya sebatas mengandalkan SMS, tapi juga mengandalkan media sosial, sebagai media untuk update informasi kondisi lingkungan gedung pada orang-orang yang kita kehendaki.

Dari permasalahan diatas maka perlu dirancang alat untuk mendeteksi adanya maling, asap, dan gas. Alat ini akan bekerja mengirimkan tanda peringatan kepada pemilik gedung yaitu berupa SMS (Short Message Service) menggunakan modul SIM900 dan juga akan mengirimkan informasi tersebut ke media sosial, sehingga kejadian yang tidak diinginkan dapat diketahui secara cepat oleh pihak-pihak yang diberi wewenang maupun pihak-pihak yang berkepentingan. Dan untuk indikator outputnya menggunakan sirine atau alarm yang berupa suara pemilik gedung. Diharapkan dengan adanya alat pendeteksi penyusup, asap, dan gas ini, berbasis sms gateway dan media sosial dapat menghindarkan suatu gedung dari kejadian yang dapat merugikan dan membahayakan penghuninya secara cepat dan akurat


Keywords


Sistem Keamanan Gedung; SMS Gateway; Media Sosial; Atmega328

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v9i2.1080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub