SISTEM MONITORING PENYIMPANAN KEBUTUHAN POKOK BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT)

Danang Ade Muktiawan, Nurfiana Nurfiana

Abstract


Sistem monitoring kebutuhan pokok merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk melihat ketersediaan kebutuhan bahan pokok. Pentingnya sistem monitoring kebutuhan pokok adalah untuk mengetahui jumlah ketersediaan bahan pokok setiap saat, sehingga apabila ketersediaan kebutuhan pokok berkurang atau habis pengguna dapat memenuhi kebutuhan pokok tersebut. Penelitian ini akan merancang sistem monitoring kebutuhan pokok menggunakan Internet of Things (IoT). IoT adalah sebuah konsep/skenario dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. Sistem ini menggunakan sensor load cell untuk mengukur berat beras dan sensor limit switch untuk menghitung jumlah telur. Data yang dihasilkan sensor akan diproses oleh arduino dan dikirimkan ke website thingspeak. Proses pengiriman data dari arduino ke thingspeak melalui ethernet shield dan router yang terhubung ke internet menggunakan modem, kemudian dimonitoring menggunakan smartphone android. Hasil uji coba membuktikan bahwa sistem ini dapat mengirimkan informasi yang akurat dari manapun tanpa terhalang jarak, selama sistem terhubung dengan internet.

Keywords


IoT, monitoring, android, arduino, limit switch, load cell, internet

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., & Lestariningati, S. I. (2014). SISTEM KEAMANAN DAN MONITORING RUMAH PINTAR SECARA ONLINE MENGGUNAKAN PERANGKAT MOBILE. Jurnal Teknik Komputer Unikom, 13-17.Vol.3.

Budioko, T. (2016). SISTEM MONITORING SUHU JARAK JAUH BERBASIS INTERNET OF THINGS MENGGUNAKAN PROTOKOL MQTT . Seminar Riset Teknologi Informasi (hal. 353-358). Yogyakaeta: STMIK AKAKOM.

KBBI. (2012, Maret 5). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Diambil kembali dari Web Site Kamus Besar Bahasa Indonesia: https://kbbi.web.id/simpan

Muktiawan, D. A., & Nurfiana. (2016). RANCANG BANGUN MONITORING ALAT PENYIMPANAN KEBUTUHAN POKOK MELALUI ANDROID BERBASIS MIKROKONTROLER. Seminar Nasional Riset Terapan (hal. A28-A35). Banjarmasin : Politeknik Negeri Banjarmasin.

Nuriman, R. F., Pramana, R., & Nusyirwan, D. (2016). PERANCANGAN SISTEM MONITORING pH AIR BERBASIS INTERNET DI PDAM TIRTA KEPRI .Tanjung Pinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Rakhman, E. A. (2016). SISTEM MONITORING CUACA MENGGUNAKAN ESP8266 BERBASIS WEB INTERNET OF THINGS. Yogyakarta: Universitas Teknologi Yogyakarta.

Safaat H, N. (2011). Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung.

Situmorang, E. (2012). Rancang Bangun Alat Buka Tutup Pintu Pagar Dengan Menggunakan Handphone Dan Keypad. Manado: UNSRAT.

Sugirawan, I., Muntini, M. S., & Pramono, Y. H. (2009). DESAIN DAN KARAKTERISASI LOAD CELL TIPE CZL601 SEBAGAI SENSOR MASA UNTUK MENGUKUR DRAJAT LAYU PADA PENGOLAHAN TEH HITAM. SURABAYA: ITS SURABAYA.

Syahwi, M. (2017). Panduan Mudah Belajar Arduino Menggunakan Simulasi Proteus. Yogyakarta: ANDI.

W, H. S. (2015). Mudah Belajar Mikrokontroller dengan Arduino. Bandung: Widya Media .

Yuliant, A., Salahudin, N. S., & Kowanda, A. (2015). Rancang Aplikasi Pemantau Suhu dan Kelembapan Pada Inkubator Bayi Berbasis Internet. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (hal. 7-10). Yogyakarta: Universitas Gunadarma.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v9i1.1035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub