ANALISIS SPASIAL BIDANG KESEHATAN PADA WILAYAH OKU TIMUR

Lusia Septia Eka Esti Rahayu

Abstract


Penelitian di bidang kesehatan ini dilakukan atas dasar persebaran penyakit demam berdarah pada wilayah oku Timur yang terus mengalami peningkatan untuk tiap tahun nya, jumlah penderita demam berdarah pada wilayah Oku Timur tercatat 356 kasus pada tahun 2014, 594 kasus pada tahun 2016 dan 361 kasus pada april 2017 jumlah ini masih terus meningkat seiring musim yang ada pada wilayah oku Timur. Informasi daerah persebaran penyakit demam berdarah dibutuhkan oleh Instansi Kesehatan dan masyarakat Oku Timur namun informasi yang diterima oleh masyarakat masih bersifat sementara, sedangkan untuk Instansi Kesehatan masih melihat laporan bulanan/tahunan yang diterima dari Puskesmas berdasarkan wilayah Kecamatan. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dibuat sistem informasi geografis daerah persebaran penyakit demam berdarah yang disajikan dalam bentuk grafik dan peta dan dapat diakses setiap saat, sehingga daerah yang memiliki kasus demam berdarah tertinggi dapat dilakukan penanganan yang baik. Metode pengembangan sistem menggunakan Waterfall. Dengan adanya sistem informasi geografis daerah persebaran penyakit demam berdarah mempermudah Instansi kesehatan dalam memetakan daerah-daerah yang memiliki kasus demam berdarah berdasarkan wilayah Kecamatan yang ada di oku timur. Informasi daerah persebaran penyakit demam berdarah dapat dilihat dan diakses oleh masyarakat oku timur melalui website yang  telah disediakan. Sistem informasi geografis daerah persebaran penyakit demam berdarah dibuat menggunakan Google Maps API, bahasa pemerograman menggunakan PHP dan database MySQL. Aliran data dan perancangan sistem menggunakan Unifed Modelling Language (UML).


Keywords


Daerah persebaran penyakit demam berdarah, Google Maps API, PHP, MySQL, Waterfall

Full Text:

PDF

References


Cahyono, E.D., 2015, Sistem Informasi Geografis Angkutan Umum di Surabaya Berbasis Web, Jurusan Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Dian, S.F., 2015, Pemetaan Penyebaran Penyakit Demam Berdarah Dengue Dengan Geographic Information System Di Minahasa Selatan, Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado.

Indarto,.2013. Sistem InformasiGeorafis. Yogyakarta :Graha Ilmu

Irwansyah, E., 2013, Sistem Informasi Geografis: Prinsip Dasar dan Pengembangan Aplikasi, Yogyakarta: Digibooks.

Prasetyo, A., 2015, Implementasi Sistem Informasi Geografis Dan Data Center Untuk Pemetaan Penyebaran Penyakit Demam Berdarah Di Kabupaten Ponorogo, Teknik Informatika Manajemen Universitas Muhammadiyah Ponorogo.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v9i1.1033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub