Editorial Policies

Focus and Scope

Ruang Lingkup

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian bidang ilmu komputer dan teknologi. Sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian pada Masyarakat luas dan sebagai sumber referensi akademisi di bidang Ilmu Komputer dan Teknologi.

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) menerbitkan paper secara berkala dua kali setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Semua publikasi di jurnal Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) bersifat terbuka yang memungkinkan artikel tersedia secara bebas online tanpa berlangganan.

Focus and Scope

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika menyajikan artikel/naskah dalam bidang teknologi informasi khususnya dalam Fokus pada 5 kelompok keilmuan di Informatika yaitu : Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Sistem Informasi, Jaringan, Multimedia dan Sekurity, Teknologi Web dan Mobile serta kecerdasan Buatan dan game , dan tidak membatasi terhadap kajian-kajian informatika lainnya meliputi :

  1. Rekayasa Perangkat Lunak
  2. Rekayasa Perangkat Keras
  3. Keamanan Informasi
  4. Rekayasa Sistem
  5. Sistem Pakar
  6. Sistem Penunjang Keputusan
  7. Data Mining
  8. Sistem Kecerdasan Buatan/Artificial Intelligent System
  9. Jaringan Komputer
  10. Teknik Komputer
  11. Pengolahan Citra
  12. Algoritma Genetik
  13. Sistem Informasi
  14. Business Intelligence and Knowledge Management
  15. Database System
  16. Big Data
  17. Internet of Things
  18. Enterprise Computing
  19. Machine Learning
  20. Topik kajian lainnya yang relevan

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Cover

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) menerapkan kebijakan proses review sebagai berikut :

  1. Penulis disarankan telah melakukan cek plagiarisme serta sudah bebas pelanggaran hak cipta lainnya sebelum disubmit.
  2. Manuskrip yang di submit author, akan melewati proses review oleh editor, terutama pengecekan kesesuaian dengan ruang lingkup dan template Jurnal. Dalam proses ini, editor akan menjalin komunikasi dengan penulis sehingga manuskripnya layak dikirim ke Reviewer atau bahkan dikembalikan/decline.
  3. Naskah yang telah melewati langkah diatas, maka dikirim ke 2 orang reviewer untuk ditinjau kontennya dengan metode blind review.
  4. Proses peninjauan akan mempertimbangkan kebaruan, objektifitas, metode, dampak ilmiah, kesimpulan, dan referensi.
  5. Reviewer akan menyarankan perbaikan dan/atau penerimaan/menolak manuskrip.
  6. Editor akan memutuskan dengan mempertimbangkan saran dari reviewer apakah naskahnya memenuhi persyaratan Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
  7. Keputusan editor in chief adalah final.
  8. Seluruh proses review dilaksanakan secara penuh berbasis web OJS.

 

Publication Frequency

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika terbit dua kali dalam setahun ( satu volume dan dua nomor) pada bulan Juni dan Oktober

Pada Tahun 2020 dimulai dari Volume 11 no 2, Penerbitan jurnal Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) berubah dari bulan Juni dan oktober menjadi Juni dan Desember. untuk terbitan berkala tetap satu (1) tahun terbit 2 issue 

 

Open Access Policy

Explore:Jurnal Sistem Informasi dan telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) ISSN: 2686-181X memegang prinsip bahwa semua penelitian adalah untuk kepentingan umat manusia. Penelitian adalah produk investasi oleh masyarakat dan oleh karena itu hasilnya harus dikembalikan kepada semua orang tanpa batas atau diskriminasi, melayani masyarakat secara universal dan transparan. Itulah mengapa Explore:Jurnal Sistem Informasi dan telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) menyediakan akses online gratis dan terbuka ke semua publikasi penelitiannya. Seluruh artikel yang dinyatakan diterima akan tersedia seketika dan bebas diunduh pada laman http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore/ tanpa batas dan tanpa biaya.

Explore:Jurnal Sistem Informasi dan telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) memahami bahwa di dunia ini semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mencari, berbagi, dan menciptakan pengetahuan - kami berharap para penulis bergabung dengan kami dalam konsep akses terbuka ini.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...