Editorial Policies

Focus and Scope

Focus and Scope

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian bidang ilmu komputer dan teknologi. Sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian pada Masyarakat luas dan sebagai sumber referensi akademisi di bidang Ilmu Komputer dan Teknologi.

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) menerbitkan paper secara berkala dua kali setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Semua publikasi di jurnal Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) bersifat terbuka yang memungkinkan artikel tersedia secara bebas online tanpa berlangganan.

Focus and Scope

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika menyajikan artikel/naskah dalam bidang teknologi informasi khususnya dalam Fokus pada 5 kelompok keilmuan di Informatika yaitu : Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Sistem Informasi, Jaringan, Multimedia dan Sekurity, Teknologi Web dan Mobile serta kecerdasan Buatan dan game , dan tidak membatasi terhadap kajian-kajian informatika lainnya meliputi :

  1. Rekayasa Perangkat Lunak
  2. Rekayasa Perangkat Keras
  3. Keamanan Informasi
  4. Rekayasa Sistem
  5. Sistem Pakar
  6. Sistem Penunjang Keputusan
  7. Data Mining
  8. Sistem Kecerdasan Buatan/Artificial Intelligent System
  9. Jaringan Komputer
  10. Teknik Komputer
  11. Pengolahan Citra
  12. Algoritma Genetik
  13. Sistem Informasi
  14. Business Intelligence and Knowledge Management
  15. Database System
  16. Big Data
  17. Internet of Things
  18. Enterprise Computing
  19. Machine Learning
  20. Topik kajian lainnya yang relevan

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Cover

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Setiap artikel yang ditujukan kepada staf editorial akan dipilih melalui proses Tinjauan Awal oleh Dewan Editorial. Kemudian, artikel-artikel tersebut akan dikirim ke Mitra Bestari / peer reviewer dan akan masuk ke seleksi berikutnya oleh Blind Peer Review Process. Setelah itu, artikel akan dikembalikan kepada penulis untuk direvisi. Proses ini memakan waktu satu bulan (empat minggu) untuk waktu maksimum. Dalam setiap naskah, Mitra Bebestari / peer reviewer akan dinilai dari aspek substansial dan teknis. Mitra Bestari / peer reviewer yang bekerja sama dengan Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatikaadalah pakar di bidang Ilmu Komputeri dan masalah-masalah di sekitarnya. Mereka berpengalaman dalam jurnal dan publikasi bergengsi yang tersebar di seluruh nasional dan luar negeri.

 

Publication Frequency

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika terbit dua kali dalam setahun ( satu volume dan dua nomor) pada bulan Juni dan Oktober

Pada Tahun 2020 dimulai dari Volume 11 no 2, Penerbitan jurnal Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) berubah dari bulan Juni dan oktober menjadi Juni dan Desember. untuk terbitan berkala tetap satu (1) tahun terbit 2 issue 

 

Open Access Policy

Explore:Jurnal Sistem Informasi dan telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.