https://socius.unesa.ac.id/css/
Aplikasi Kepma untuk Mengukur Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode Servqual Berbasis Android | Ariani | EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Aplikasi Kepma untuk Mengukur Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode Servqual Berbasis Android

Fenty Ariani, Saida Sinaga, Taqwan Thamrin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kepuasan mahasiswa terhadap suatu layanan yang ada di Universitas. Universitas Bandar Lampung merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbesar di Provinsi Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan mahasiswa jenjang Strata-I Universitas Bandar Lampung terhadap pelayanan Akademik. Peningkatan kualitas layanan terhadap mahasiswa sangat penting dan berpengaruh besar pada Universitas, dengan adanya permasalahan tersebut Layanan Akademik Universitas Bandar Lampung berupaya untuk memperbaiki tingkat kualitas pelayanannya dan berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kenyamanan demi mencapai kepuasan mahasiswa. Pengukuran kualitas layanan menggunakan metode Servqual. Metode ini mengukur kualitas layanan dari atribut masing-masing dimensi, diantaranya Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy sehingga akan diperoleh nilai gap yang merupakan selisih antara persepsi mahasiswa terhadap layanan yang diterima dengan harapan mahasiswa terhadap layanan yang akan diterima.

Keywords


Servqual; Tangible; Reliability; Responsiveness; Assurance dan Empathy; gap.

Full Text:

PDF

References


Arief. 2011. Pengertian MySQL Menurut Para Ahli. Jurnal Universitas Udayana. Bali.

Hartaji, 2012. Konsep Diri Dalam Membentuk Mahasiswa Berkarakter. Jurnal UIN Sunan Ampel Surabaya. Surabaya.

Hermawan, 2011. Makalah Sejarah Sistem Operasi Android. Jurnal Bina Darma. Palembang.

I Gusti Bagus Maha Putra. 2014. Materi Aplikasi. Jurnal Mercubuana. Yogyakarta.

I Made Suska V, dkk. 2013. Analisis Kualitas Pelayanan Pas Bandara Internasional Ngurah Rai dengan Menggunakan Model Servqual. Jurnal Spektran.

Juniartono. 2013. Analisis Tingkat Kepuasan Pelayanan Konsumen Pengguna Jasa Transportasi pada CV. Delta Trans dengan menggunakan Metode Servqual. Pelita Informatika Budi Darma.

Khodaparasti R.B., Gharebagh M,K. 2015. Application of Servqual Method for Evaluate Service Quality of Saderat Bank in Urmia, Iran. Polish Journal of Management Studies.

Lovelock dan Wirtz, 2011. Teori Kepuasan. Jurnal Universitas Sumatera Utara. Sumatera Utara.

Nugroho. 2010. Konsep Dasar UML. Jurnal Universitas Bina Nusantara. Jakarta.

Sugiyono, 2013. Angket Sebagai Teknik Pengumpulan Data. Jurnal UIN Sunan Ampel Surabaya. Surabaya.

Sugiyono. 2012. Materi Kepustakaan. Jurnal Universitas Lampung. Lampung.

Sugiyono. 2012. Teknik Pengambilan Sampel. Jurnal Mercubuana. Yogyakarta.

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian. Jurnal Universitas Lampung. Lampung.

Sugiyono. 2013. Pengumpulan Data Dengan Dokumentasi. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Syafizal Helmi Situmorang. 2010. Analisis Data Untuk Manajemen dan Bisnis. Medan USU Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmsit.v7i1.873

Article Metrics

Abstract view : 664 times
PDF - 531 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA

Indexed by:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.